Gelar Sosbang, M. Udin Serukan Masyarakat Kampung Penyinggahan Ilir Jaga Rasa Persaudaraan

 

DISKUSI: Anggota DPRD Provinsi Kaltim M. Udin saat melakukan Sosbar di Kampung Penyinggahan Ilir - Foto Dok Agustina


BORNEOTREND.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim M. Udin menyerukan kepada masyarakat agar terus mempererat tali persaudaraan, sebagai perwujudan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Marilah kita saling menjaga persatuan bangsa, serta senantiasa menjaga silaturahmi antar tetangga dan warga kampung, saling menguatkan rasa saling peduli dan juga mempererat tali persaudaraan, karena kita bersaudara meski pun tidak sedarah,” seru M. Udin saat melakukan Sosialisasi Kebangsaan (Sosbang), Jumat (10/2/2023) di Kampung Penyinggahan Ilir, Kecamatan Penyinggahan, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kaltim.


Hadir dalam kegiata Sosbang tersebut sebagai narasumber yakni Moch Fauzan Lutfy dan Armansyah, moderator M. Yusuf dan turut hadir Komandan Rayon Militer (Danramil) dan Kepala Polsek Penyinggahan.

Dikemukakannya, Persaudaraan harus diperkuat dalam kerangka kebangsaan, meski berbeda-beda suku masyarakat di sebuah wilayah, bisa hidup berdampingan dengan rukun dan terhindar dari perselisihan.

Lalu menjaga silaturahmi baginya juga penting sebagai bekal untuk mempererat persaudaraan kebangsaan serta persatuan NKRI. Terlebih dalam situasi pandemi yang memaksa sebagian besar interaksi dan kegiatan masyarakat terbatasi.

“Saat kini  masyarakat rentan  dipecah - belah akibat fenomena  kebebasan informasi, di mana kebebasan berpendapat seringkali tidak memiliki koridor yang tepat,” tambahnya.

Menurutnya, masyarakat mesti bijak dalam menyaring informasi yang memicu terjadinya  pertikaian antar warga, tak ada salahnya sebelum menyimpulkan sesuatu, dirembukkan dulu secara musyawarah, karena antar manusia terkadang rentan terhadap kesalah pahaman atau mis komunikasi.

Oleh karena itu, masyarakat harus berpegang teguh pada empat pilar kebangsaan, berupa Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Hal itu memelihara kekuatan bangsa yang luhur.

“Kepada seluruh masyarakat  Kampung Penyinggahan Ilir bersyukur bahwa Indonesia merupakan negara aman dan yang terbaik di antara negara lain sedang berkonflik, maka teruslah untuk tetap menjaga keutuhan ini guna keamanan dan ketenangan kita dalam beraktifitas,” tukasnya.

Penulis: Agustina

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال