Bidang Keswan dan Kesmavet HSU Berikan Pelayanan Aktif dan Pasif

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet I Gusti Putu Susila – Foto Dok Fathur


BORNEOTREND.COM - Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmavet) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) akan mengedepankan pelayanan pada tahun 2023. 

"Jadi kami ada mempunyai dua pelayanan ada yang aktif dan pasif," kata Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet I Gusti Putu Susila, Selasa (14/2/2023). 

Dia menyampaikan, pelayanan aktif ini berdasarkan rencana sudah dijadwalkan dan pelayanan pasif menunggu laporan dari peternak.

“Terkadang kendala di lapangan, peternak masih terlambat melapor terhadap penanganan penyakit. Padahal kami sudah melakukan sosialisasi dan kita harapkan penanganannya secara cepat dilaksanakan agar terhindar dari penyakit hewan," ungkapnya.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya lebih mengedepankan pelayanan aktif terkait desinfeksi kandang, pemberian vitamin serta pengambilan sampel untuk mendeteksi penyakit lebih awal.

"Apalagi ini musim hujan jadi kita berusaha mendapatkan data di lapangan seakurat mungkin sehingga bisa melakukan pengendalian penyakit lebih cepat dan ini merupakan kegiatan keswan," katanya.

Lebih lanjut, Gusti Putu mengatakan pihaknya akan melaksanakan sosialisasi terhadap pangan hasil hewan yang asuh, aman, sehat, utuh dan halal. 

"Oleh karenanya, dalam waktu dekat juga akan melakukan bimtek hewan qurban untuk mensosialisasikan persyaratan-persyaratan teknis terkait penyelenggaraan pemotongan hewan qurban yang layak dan aman dikonsumsi masyarakat nantinya," pungkasnya.

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال