Pemkab Tanbu Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Secara Virtual

IKUTI RAPAT: Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir H Riduan mengikuti Rakor pengendalian inflasi daerah yang dilaksanakan Kemendagri secara virtual – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir H Riduan mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi daerah yang dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) secara virtual dari ruang Digital Live Room (DLR) Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (24/1/2023).

Dalam rakor, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian meminta Kepala Daerah untuk memantau langsung ke lapangan dalam hal pengendalian inflasi.

“Hati-hati dalam mengatur tarif PDAM maupun angkutan umum,” pesan Mendagri.

Yang kedua, Mendagri minta Kepala Daerah dan jajaran Forkopimda untuk menurunkan kemiskinan ekstrem sampai target 0 persen pada 2024.

Ketiga, Tito Karnavian mendorong Kepala Daerah untuk menurunkan angka stunting di bawah 14 persen di tahun 2024.

“Keempat, segera selesaikan dua masalah besar investasi yakni kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR) dan persetujuan bangunan gedung (PBGD),” katanya.

Kelima, mantan Kapolri ini meminta Kepala Daerah dan Forkopimda untuk memaksimalkan pengelolaan keuangan daerah dengan membangun dana abadi dan memastikan APBD dibelanjakan untuk produk-produk buatan dalam negeri.

“Yang tak kalah penting dalam penanganan ini adalah menjaga stabilitas politik dan keamanan menjelang pemilihan umum (pemilu) ditahun 2024,” tuturnya.

Rakor yang digelar Kemendagri tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI Joko Widodo kepada Kepala Daerah dan Forkopimda seluruh Indonesia yang digelar belum lama tadi.

Arahan Presiden tersebut ditindaklanjuti langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dengan menggelar rakor pengendalian inflasi daerah.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال