Pemerintah Terbitkan Surat Utang Kupon 6,35%, Begini Cara Belinya

 

SURAT UTANG: Ilustrasi Rupiah -Foto dok Bank BTN

BORNEOTREND.COM- Pemerintah menerbitkan Savings Bond Ritel (SBR) seri 012. Surat utang ini untuk memudahkan masyarakat berinvestasi.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Keuangan, kemenkeu.go.id, SBR012 ini bisa dipesan mulai dari Rp 1 juta.

Ada dua jenis surat utang yaitu SBR012-T2 dengan jangka waktu 2 tahun dan SBR012-T4 dengan jangka waktu 4 tahun. Pemerintah juga memberlakukan kupon mengambang dengan kupon minimal.

Sekadar informasi mengambang ini artinya besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan BI 7 Day Reverse Repo Rate setiap tiga bulan sekali. Sedangkan untuk kupon minimal adalah tingkat kupon pertama yang ditetapkan akan menjadi kupon minimal yang berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Masa penawaran mulai dari 19 Januari 2023 hingga 9 Februari 2023. Untuk maksimum pemesanan SBR012-T2 paling banyak Rp 5 miliar. Kemudian SBR012-T4 paling banyak Rp 10 miliar.

Untuk pembayaran kupon tanggal 10 setiap bulannya. Kupon pertama akan dibayarkan pada tangga 10 Maret 2023 atau short coupon. Jika tanggal pembayaran kupon bukan pada hari kerja, maka pembayaran kupon dilakukan pada hari kerja berikutnya tanpa kompensasi bunga.

Berikut cara beli surat utang tersebut

Registrasi

Proses pendaftaran Calon Investor melalui Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis), dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga. Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga, dapat menghubungi Midis.

Pemesanan

Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan SBR012 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SBR012-T2 & SBR012-T4.

Pembayaran

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), Calon Investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

Konfirmasi

Setelah pembayaran, Calon Investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBR012-T2 & SBR012-T4 pada tanggal setelmen/penerbitan.

Sumber: finance.detik.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال