KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin Gelar Acara Syukuran dan Sertijab

SAMPAIKAN SAMBUTAN: Kepala Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, Samsuddin memberikan kata sambutan pada acara syukuran – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabaru-Batulicin, Kalsel menggelar acara syukuran serta serah terima jabatan (sertijab) salah seorang pejabat di KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, Selasa (17/1/2023).

Untuk acara syukuran digelar guna merayakan keberhasilan KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin yang telah meraih predikat terbaik pertama nasional dalam pengelolaan dan penataan usahaan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diberikan oleh Direktorat Jendral Perhubungan Laut Pada Kamis 5 Januari 2023 lalu di Jakarta.

Dalam syukuran tersebut juga digelar acara sertijab Kasubag Tata Usaha Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, serta penyematan pakaian adat khas motif Sasirangan bagi Pegawai KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin.

Kepala Kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin, Samsuddin MT M MarE dalam sambutannya mengatakan pejabat lama Kasubag Tata Usaha Kontor KSOP kelas III Kotabaru-Batulicin Sopiansyah digantikan pejabat baru Sutiyono, yang mana pelantikannya telah dilaksanakan pekan lalu di Kementerian Perhubungan Laut.

“Sebetulnya secara pribadi, saya meminta kepada pimpinan di Pusat supaya pak Sopian jangan dipindah dulu, namun apalah ini kehendak pimpinan pusat, mungkin ada pertimbangan lain dari pimpinan pusat. Pak Sopiansyah dimutasi Kantor KSOP Kelas II Samarinda,” ujar Samsuddin.

Pada kesempatan itu, Samsdin mengucapkan terima kasih kepada pejabat lama Sopiansyah, yang sudah 4 tahun lamanya berada di kantor KSOP Kelas III Kotabaru-Batulicin. 

“Tentunya banyak prestasi-prestasi yang sudah diraih dan ini tidak terlepas peran beliau,” ungkapnya.

Samsuddin mengatakan, penerimaan predikat terbaik, kategori Rp 100 miliar yang diraih KSOP kelas III Kotabaru-Batulicin beberapa waktu yang lalu juga tidak terlepas dari bagaimana mengelola anggaran.

“Kalau bicara PNBP itu lebih banyak bagaimana mengelola anggaran, pak Sopiansyah ini adalah bosnya,” katanya.

Dijelaskannya, Kepala KSOP Kotabaru Batulicin mencatat telah merealisasikan PNBP tahun 2022 Rp 135.581.854.048 melebihi target Rp 116.720.548.000 atau 116 persen dari yang telah ditargetkan.

“Mudah-mudahan secara otomatis dengan capaian ini maka, ke depannya KSOP Kotabaru-Batulicin akan naik kelas berdasarkan raihan PNPB,” harapnya.

“Untuk peringkat kedua diraih KSOP Samarinda dan peringkat ketiga diraih KSOP Dumai. Dari capaian tersebut, tiga KSOP itu masuk dalam kategori pendapatan di atas Rp 100 miliar,” sebutnya.

Samsuddin kemudian mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada Sopian yang sudah membantu semua dalam meraih predikat terbaik.

Pada kesempatan itu, Samsuddin juga menjelaskan tentang pencanangan baju adat Sasirangan.

“Ini juga bukan hal yang baru dalam hal penggunaan baju adat, karena itu sudah menjadi ketentuan dari Menteri Perhubungan,” kata Samsudin.

Dia berharap semua pegawai bisa menggunakan baju Sasirangan lokal ini setiap hari Selasa atau ada acara-acara lain yang resmi untuk digunakan. Di satu sisi, ujarnya, penggunaan baju Sasirangan tentu ini akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemda, karena menjadi pergerakan ekonomi.

“Kita harus saling bersenergi, kita tegaskan saja pakai baju adat Sasirangan lokal, pokoknya wajib,” pungkasnya.

Pada acara ini juga digelar ucapan HUT ke-51 kepada Kepala Kantor KSOP kelas III Kotabaru-Batulicin, Samsuddin, dengan memotong kue yang didampingi istrinya.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال