KPU Kapuas Lantik 693 Anggota PPS

HADIRI PELANTIKAN: Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, Wakil Bupati Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor MM, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kapuas Drs Ilham Anwar MPd, Ketua Bawaslu para Kepala SOPD, para Camat, Lurah, Kades hadiri acara pelantikan anggota PPS - Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas menggelar pengambilan sumpah janji dan pelantikan 693 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), Selasa (24/01/2023), di Gedung Olahraga (GOR) Panunjung Tarung, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas Kalteng.

Anggota PPS Pemilu tahun 2024 dilantik secara serentak di empat titik berbeda di wilayah kabupaten Kapuas, yakni 11 kecamatan, sisanya di tiga titik, yaitu di Sei Hanyo untuk PPS di Kecamatan Kapuas Hulu, dan Kecamatan Mandau Talawang.

Sedangkan, di Kapuas Tengah dilaksanakan di dua kecamatan, yakni kecamatan Kapuas Tengah dan Kecamatan Pasak Talawang. Kemudian di Kecamatan Timpah untuk dua kecamatan yaitu Kecamatan Mantangai dan Kecamatan Timpah.

Pengambilan sumpah janji dan pelantikan oleh Ketua KPU Kapuas Adiresido ini dihadiri Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, Wakil Bupati Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor MM, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kapuas Drs Ilham Anwar MPd, Ketua Bawaslu para Kepala SOPD, para Camat, Lurah, Kades serta tamu undangan lainnya. 

Ketua KPU Kapuas, Adiresido menyampaikan selamat kepada anggota PPS yang diambil sumpah janji dan dilantik.

Menurutnya, anggota PPS Pemilu 2024 hasil seleksi telah melewati tes, baik itu tertulis sampai wawancara, dan dilaksanakan secara jujur dan sesuai aturan yang berlaku. 

"Mereka taat terhadap aturan main dalam penyelenggaraan pemilu, artinya tegak lurus ya terhadap Undang-Undang dan aturan KPU," katanya.

Adiresido menekankan bahwa penyelenggaraan pemilu akan berlangsung dengan baik dan aman serta mengurangi adanya permainan politik maupun kecurangan lainnya," terangnya.

Bupati Kapuas, Ir Ben Brahim dalam sambutannya mengatakan kabupaten Kapuas merupakan daftar pemilih sementara terbanyak dan jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) terbanyak se Kalteng.

"Jadi, pada saat pesta demokrasi nanti, saya berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas agar memberikan hak pilihnya serta dengan cerdas memilih sesuai hati nurani, karena hasil pilihan masyarakat itu akan mempengaruhi maju dan berkembangnya suatu daerah," ujar Bupati Kapuas.

Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini kemudian meminta kepada anggota PPS yang baru dilantik agar koordinatif dengan unsur terkait agar lebih memahami tupoksinya. 

"Saya sampaikan juga agar lebih mempersiapkan fisik dalam menjalankan tugas nantinya," kata Bupati Ben Brahim.

Adapun masa jabatan anggota PPS Kapuas pada Pemilu ini berlaku sejak dilantiknya yaitu 24 Januari 2023 sampai bulan April 2024 mendatang. 

Penulis: Fridol

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال