Waduh, Rifqinizamy Karsayuda Ingatkan “Bala Kepemimpinan” Bisa Terjadi di Kalsel

 

DISKUSI: Anggota DPR RI Perwakilan Kalsel HM Rifqinizamy Karsayuda saat memberikan materi terkait Pemilu 2024 kepada Anggota BPD dan Insan Pers - Foto Dok  


BORNEOTREND.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Perwakilan Kalsel HM Rifqinizamy Karsayuda mengingatkan adanya potensi terjadinya “Bala Kepemimpinan” di Banua.

Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi pengawasan penyelenggaran pemilu di Kota Banjarmasin Provinsi Kalsel yang digelar oleh Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Sabtu (3/12/2022) di MRK Coffee & Roastery Banjarmasin.

Kegiatan sendiri dihadiri oleh perwakilan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kalsel dan rekan-rekan media massa. 

“Bala Kepemimpinan disini maksudnya saat orang-orang yang baik, punya kualitas dan kompetensi mumpuni dan memiliki rekam jejak yang bagus enggan lagi terjun ke dunia politik. Karena mereka berpikir kalah duluan sebelum bertanding akibat masifnya politik transaksional yang hadir dalam setiap even pesta demokrasi,” tegas Politisi muda dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.


Akibatnya mereka-mereka yang berhasil menduduki kursi legislatif dan eksekutif adalah orang-orang yang tidak kompeten.

“Jadinya ya Bala Kemimpinan tadi, yaitu pemimpinnya berganti-ganti setiap 5 tahun sekali tapi daerahnya tidak ada kemajuan karena pemimpinnya tidak sungguh-sungguh bekerja dan minim inovasi,” tambahnya.

Karena itulah agar Bala Kepemimpinan tadi tidak terjadi di Banua, dirinya berharap masyarakat untuk bisa mensukseskan even Pemilu 2024 yang akan digelar secara serentak, yaitu pemilu legislatif, presiden dan kepala daerah.

Mensukseskan disini konkritnya yaitu dengan cara mengawasi perhelatan pemilu 2024 agar berjalan dengan lancar, jujur dan andil. Kemudian dirinya juga meminta masyarakat untuk tidak memilih pasangan calon legislatif, presiden atau kepala daerah hanya karena diberi sogokan berupa barang bahkan uang.

“Tapi pilihlah mereka-mereka yang memang memiki kualitas dan layak menduduki amanah tersebut. Ini penting supaya orang-orang baik dengan berbagai latar belakang bisa punya kesempatan dan harapan untuk menjadi pemimpin baik di legislatif maupun eksekutif,” timpalnya lagi.


WAWANCARA: Anggota Komisi II DPR RI HM Rifqinizamy Karsayuda - Foto Dok


Sementara itu, Ketua Bawaslu Banjarmasin M Yassar juga sepakat bahwa suksesnya even Pemilu 2024 tidak hanya ditentukan oleh pemerintah dan penyelenggara pemilu, namun masyarakat juga memiliki peran strategis.

Karena itulah dirinya mengajak masyarakat juga ikut terlibat dalam Pemilu 2024 ini, tidak hanya memilih saja, tapi juga ikut mengawasi jalannya proses pemilu 2024 agar berjalan lancar dan sukses.

“Kalau saat mengawasi ada yang tidak beres laporkan ke kami. Karena peran masyarakat sangat penting agar kita bisa menghasilkan pemimpin-pemimpin berkualitas saat Pemilu 2024,” tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال