Sambut HUT Kowal ke-60, TNI AL Banjarmasin Gelar Lomba Menembak dan Bongkar Pasang Senjata

BONGKAR SENJATA: Prajurit Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) mengikuti lomba bongkar pasang senjata – Foto Dok

BORNEOTREND.COM- Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin menggelar perlombaan menembak dan bongkar pasang senjata bertempat di lapangan tembak Agung Priantoro Lanud Sjamsudin Noor, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, Selasa (20/12/2022).

Lomba yang dipimpin oleh Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Banjarmasin Mayor Laut (P) Muhammad Arif ini digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-60 Korps Wanita TNI Angkatan Laut (Kowal) pada tanggal 5 Januari 2023 mendatang.

Sebelum digelar lomba yang mengangkat tema "Profesionalisme Dalam Mengabdi, Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” ini, pelatih memberikan penjelasan tentang materi dan latihan kepada para peserta yaitu tentang dasar teknik menembak yang benar dan cara mengatasi jika terjadi trouble di antaranya pasang peluru ke magasen atau melepas magasen, membidik sasaran dan posisi menembak yang benar dengan sikap berdiri, duduk dan tiarap dengan jarak mulai dari 25 meter sampai dengan 100 meter dengan menggunakan senjata laras panjang jenis AK-47 dan pistol jenis G2 Combat. 

Di tempat terpisah, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko MTr Hanla mengatakan, kegiatan menembak tersebut merupakan latihan rutin yang dilakukan sebanyak empat kali dalam satu tahun dan khusus prajurit Kowal diadakan perlombaan menembak dan bongkar pasang senjata dalam rangka menyambut HUT Kowal. Dalam latihan dan lomba ini, katanya, para prajurit harus mampu menjaga konsentrasi penuh untuk mendapatkan hasil penilaian yang lebih baik.

Menurutnya, menembak pada dasarnya adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki pada setiap prajurit, melalui latihan rutin ini akan tercipta asah naluri tempur seorang prajurit tetap terjaga dan mampu menggunakan senjatanya dengan baik guna meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan terutama di medan tugas operasi.

"Dengan semangat berlatih prajurit Lanal Banjarmasin diharapkan dapat mencetak generasi penembak yang andal dan tangguh, sehingga ke depannya dapat bersaing dalam perlombaan menembak di lingkup Tentara Nasional Indonesia maupun tingkat umum," terang Danlanal.

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال