Puluhan Seniman Semarakkan Lomba Mural Batfest 2022

MURAL PESTA LAUT: Seniman mural dari Tim Kodeco menampilkan mural perahu nelayan yang menggelar Pesta Laut di Pantai Pagatan – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Puluhan seniman lokal hingga luar daerah Tanah Bumbu mengikuti lomba melukis mural pada hari pertama Batulicin Festival atau Batfest 2022 yang digelar di Pantai Jhonlin Festival di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (27/12/2022).

Puluhan seniman muda dan senior itu terbagi dalam 10 tim. Mereka membuat mural bertemakan ‘Kearifan Lokal’. Para seniman ini tak hanya datang dari Tanah Bumbu, tapi juga dari Kota Banjarmasin serta Kabupaten Pelaihari. Untuk tim termuda berasal dari SMK Kodeco.

“Kami mengikuti lomba mural untuk ikut meramaikan Batfest 2022 yang merupakan pesta hiburan rakyat Tanah Bumbu dan sekitarnya menjelang pergantian tahun,” kata Aditiyo (23), salah satu seniman dari Tim Dewangga yang berasal dari Batulicin, di sela kegiatan melukis mural di area gerbang masuk Batfest 2022.

Aditiyo tak sendirian. Dia bersama dua rekannya Mahmuddin dan Redi Santoso menampilkan mural Pulau Burung.

Ketiganya mengaku mengetahui ada lomba mural dari IG panitia Batfest 2022 dan segera mendaftar secara gratis.

LOMBA MURAL: 3 orang seniman muda asal Kabupaten Tanah Bumbu ikut meramaikan lomba murah Batfest 2022 – Foto Dok 

Sementara itu, Tim Kodeco yang beranggotakan Nanang (53), Gani (30) dan Iwan (30), menampilkan mural perahu saat para nelayan menggelar Pesta Laut di Pantai Pagatan Tanah Bumbu.

“Kami senang ikut meramaikan lomba mural ini. Selain pendaftaran gratis, semua materi, mulai dari kain, cat, pilok hingga kuas disediakan panitia,” kata Nanang.

Lomba mural ini sendiri dimulai pukul 09.00 dan berakhir hingga pukul 17.00 Wita.

“Para pemenang akan diumumkan menjelang penampilan Band Tipe-X di panggung Batfest,” kata Ebest, Koordinator Lomba Mural Batfest 2022. 

Menurut Ebest, para pemenang akan diberikan hadiah Rp 5 juta, Rp 3 juta dan Rp 1 juta, plus piala dan piagam.

“Namun semua seniman akan tetap kami beri Rp 300 ribu sebagai bentuk apresiasi keikutsertaan mereka meramaikan ajang pesta rakyat Batfest 2022,” pungkas Ebest.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال