PKK Tanbu Laksanakan Germas, Masyarakat Diminta Cek Kesehatan Secara Rutin

GERMAS: Ketua PKK Tanbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah membuka kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digelar di halaman Gedung PKK – Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) Kecamatan Batulicin melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Rabu (14/12/2022).

Ketua Tim Pelaksana Kegiatan sekaligus Ketua Pokja 4 Dinkes Tanbu, Eli Irawati menyampaikan Germas merupakan program PKK Tanah Bumbu untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam menunjang kehidupan sehat masyarakat, diikuti lintas sektor terkait. 

Dalam kegiatan ini digelar pemeriksaan gratis oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Bumbu.

Dinkes melalui dr Deky Atmadja menerangkan, salah satu program Germas adalah cek kesehatan masyarakat, minimal seluruh kalangan masyarakat harus memeriksakan kesehatan dirinya satu tahun sekali, bisa dilakukan di Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) desa dengan mengikuti wawancara kesehatan jiwa, wawancara kesehatan riwayat penyakit dan cek kesehatan lainnya, kemudian berkonseling. Pos fasilitas kesehatan di desa-desa tersebut secara cuma-cuma atau gratis.

“Bagaimana mengubah paradigma di masyarakat, bukan paradigma sakit baru memeriksakan diri, akan tetapi paradigma sehat yang meski tidak merasakan sakit namun tetap memerikasakan kesehatannya,” kata Deky.

Sementara itu, Ketua PKK Tanbu, Hj Wahyu Windarti Zairullah mengungkapkan, kegiatan PKK dalam rangka pelaksanaan Germas menjadi contoh untuk masyarakat dalam hidup sehat.

“Untuk bisa hidup sehat terutama perhatikan sanitasi, air yang kita konsumsi harus bersih, makanan yang bergizi agar kita sehat juga anak-anak kita sehat dan bisa tumbuh dengan baik. Hari ini juga kita adakan tanggap bencana, meski kita perempuan harus selalu tanggap bencana, apalagi sekarang banyak terjadi bencana, kita adakan demo penanganan kebakaran dari Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Kegiatan dimulai dengan senam pagi bersama di halaman Gedung PKK Kapet Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat diikuti juga Ketua GOW, Ketua DWP, Ketua Persit, Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu dan 5 PKK Kecamatan, Damkar Tanbu dan SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu beserta tamu undangan.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال