Jokowi Resmi Lantik Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

RESMI DILANTIK: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono menjadi Panglima TNI - Foto Net.


BORNEOTREND.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Laksamana TNI Yudo Margono menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, hari ini Senin 19 Desember 2022.

Pelantikan ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta. Acara pelantikan dimulai pada pukul 11.30 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan surat Keputusan Presiden tentang Pemberhentian Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dan pengangkatan Yudo Margono sebagai Panglima TNI penggantinya.

Kemudian setelah itu, Presiden Jokowi menanyakan kesediaan Yudo untuk diambil sumpahnya sebagai Panglima TNI. Menjawab pertanyaan Jokowi, Yudo pun menyatakan bersedia.


"Saudara Laksamana TNI Yudo Margono, Apakah bersedia saya ambil sumpah berdasarkan agama Islam," ujar Jokowi mempertanyakan kesiapan Yudo dilantik jadi Panglima TNI sebelum membacakan sumpah jabatan.


"Bersedia," jawab Yudo dengan tegas. Yudo dilantik berdasarkan Keputusan Presiden nomor 91/TNI Tahun 2022.

Yudo mengisi posisi Panglima yang ditinggalkan Jenderal Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun per 21 Desember 2022. Setelah Yudo menyatakan kesediaannya diambil sumpahnya, kemudian tokoh agama meletakkan Al Quran di atas kepala Yudo. Berikut bunyi sumpah yang didiktekan oleh Presiden Jokowi dan diikuti oleh Yudo:

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab." ujar Jokowi mendiktekan sumpah jabatan yang harus diulang Yudo.

Yudo sempat keliru menyebut bagian akhir dari sumpah yang diucapkan. Dia sempat mengucapkan "Bahwa saya akan menjunjung tinggi sikap prajurit," Padahal yang diucapkan Jokowi adalah "Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,"

Akhirnya Jokowi kembali mengulang bagian tersebut dan dapat diikuti Yudo dengan baik.

Dengan aturan yang tertuang di Undang-Undang TNI saat ini, Yudo hanya punya masa jabatan kurang dari satu tahun. Yudo akan memasuki masa pensiun saat berusia 58 tahun yakni pada tanggal 26 November 2023.

Sumber : viva.co.id


Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال