Jelang Pernikahan, Ini Nasehat Jokowi-Iriana Untuk Sang Anak Kaesang

PESAN JOKOWI-IRIANA: Segera menikah, Kaesang mengungkapkan nasihat yang diberikan kedua orang tuanya menjelang pernikahannya dengan Erina Sofia Gudono - Foto Net.


BORNEOTREND.COM - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, akan segera menikah. Kaesang pun mengungkapkan nasihat yang diberikan kedua orang tuanya menjelang pernikahannya dengan Erina Sofia Gudono.

Apa saja nasihatnya?
Kaesang mengungkapkan ia dinasihati Jokowi agar menjadi anak yang baik. Adapun Iriana berpesan agar Kaesang menjadi anak yang tangguh.


"Nasihat dari Bapak jadi anak yang baik, dari Ibu jadi anak yang tangguh. Ya itu," kata Kaesang kepada wartawan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, DIY, Selasa (6/12/2022).


Kaesang mengatakan persiapan pernikahannya telah matang. Dia mengaku sudah menghafal kalimat akad sejak enam bulan lalu.

"Saya sudah latihan, enam bulan yang lalu, saya dari Juli sudah latihan begini (ijab). Insyaallah lancar," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono tinggal menghitung hari. Menjelang pernikahan pada tanggal 10 Desember, telah dilaksanakan gladi di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

Pantauan detikJateng di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sleman, DIY, Kaesang hadir langsung dalam gladi itu. Dia memakai kaus hitam, bertopi, dan kain jarit untuk bawahannya. Sedangkan Erina diperankan oleh pengganti.

Secara umum gladi meliputi acara akad nikah dan panggih manten. Lokasi akad nikah berada di area pringgitan. Adapun acara adat diselenggarakan di pendopo.

Upacara akad nikah dimulai dengan keluarga Erina menyambut keluarga Kaesang di area pendopo.

Pemandu gladi menyebut rombongan keluarga Kaesang meliputi juru bicara, Bobby Nasution, Gibran Rakabuming Raka, Joko Widodo, Iriana, Selvi, dan Kahiyang. Dua nama terakhir yakni Selvi dan Kahiyang bertugas membawa mahar.

Keluarga Kaesang datang dari depan pendopo, sementara keluarga Erina datang dari dalam pendopo. Kedua keluarga berhenti sebelum sampai di tengah pendopo, kemudian dilanjutkan prosesi pasrah tinampi calon pengantin.

Selanjutnya, juru bicara menyerahkan calon mempelai putra dan juru bicara keluarga mempelai putri menerima. Usai prosesi itu kemudian bergeser ke meja akad.

Saat gladi akad, wali nikah Erina yakni Allen Adam Rinaldy Gudono juga turut hadir. Allen tampak santai dan sesekali bercanda dengan Kaesang.

Setelah akad, kemudian dilanjutkan pengenaan cincin. Cincin dibawa oleh Jan Ethes dan Sedah Mirah.

Setelah prosesi tersebut, acara dilanjutkan dengan upacara panggih manten yang diikuti oleh kedua keluarga. Kedua keluarga lalu bergeser dari meja akad ke tengah pendopo untuk prosesi selanjutnya.

Sumber : detik.com

 
Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال