Hasil Argentina vs Belanda: Adu Penalti Skor 4-3, Argentina Pulangkan Belanda dan Tantang Kroasia di Semifinal

ARGENTINA VS BELANDA: Argentina berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia 2022, setelah menumbangkan Belanda di babak perempat final melalui adu penalti dengan skor 4-3 - Foto Net.


BORNEOTREND.COM - Argentina berhasil melaju ke semifinal Piala Dunia 2022, setelah menumbangkan Belanda di babak perempat final. Albiceleste mengalahkan Belanda melalui drama adu penalti 4-3 (2-2) dalam laga perempat final di Iconic Lusail Stadium, Sabtu (10/12/2022) dini hari WIB.

Dua gol Timnas Argentina dicetak oleh Nahuel Molina pada babak pertama dan Lionel Messi di paruh kedua. Sementara dua gol Belanda diciptakan oleh Weghorst seluruhnya terjadi pada babak kedua.

Laga ini harus ditentukan melalui drama adu penalti, dan Argentina menang 4-3. Berkat kemenangan ini, Timnas Argentina berhasil menembus babak semifinal Piala Dunia 2022. Pasukan Lionel Scaloni akan berjumpa Kroasia yang mampu menyingkirkan Brasil.

Partai semifinal Piala Dunia 2022 antara Kroasia melawan Argentina akan digelar di Lusail Iconic Stadium, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Belanda maupun Argentina turun dengan komposisi pemain terbaiknya. De Oranje mengandalkan Cody Gakpo dan Mamphis Depay sejak menit pertama, sementara Argentina masih dipimpin Lionel Messi dan penyerang muda Julian Alvarez.

Argentina tampil menyerang sejak awal pertandingan. Rapatnya barisan pertahanan Belanda masih sulit ditembus Tim Tango hingga setengah jam pertandingan.

Argentina memecah kebuntuan pada menit ke-36. Nahuel Molina mencatatkan namanya di papan skor.

Lionel Messi menjadi otak di balik gol Argentina. La Pulga mengirim umpan terobosan ke Molina yang diselesaikan menjadi gol. Albiceleste memimpin 1-0.

Babak Kedua

Argentina mendapatkan hadiah penalti di menit ke-70. Solorun Marcos Acuna harus dihentikan para pemain belakang Belanda dan dilanggar Denzel Dumfries di wilayah terlarang. Wasit pun menunjuk titik putih.

Lionel Messi yang maju sebagai eksekutor berhasil menggetarkan jala gawang Andries Noppert di sisi kanan. Argentina pun memperbesar keunggulannya menjadi 2-0 atas Belanda.

Tertinggal dua gol membuat Belanda meningkatkan intensitas serangannya. Penyerang Luuk de Jong harus menerima kartu kuning akibat sedikit gesekan dengan penjaga gawang Argentina, Emiliano Martinez.

Belanda akhirnya memperkecil kedudukan menjadi 1-2 pada menit ke-82. Wout Weghorst menjebol gawang Emiliano Martinez dengan sundulan kepala, menyambut tendangan bebas Steven Berghuis.

Setelah gol itu, Belanda bermain lebih ofensif untuk mengejar gol penyama. Peluang kembali didapat Weghorst masih digagalkan pemain belakang Argentina dan menghasilkan sepak pojok.

Dramatis

Keributan sempat terjadi jelang akhir laga. Leandro Paredes menekel Nathan Ake dan kemudian tersulut emosi dengan menendang bola ke bench Belanda. Situasi yang mengingatkan aksi pemain Timnas Indonesia, Abduh Lestaluhu di Piala AFF 2016 melawan Thailand.

Kegigihan Belanda terbayar lunas dengan mencetak gol penyama kedudukan di masa injury time. Sebuah pelanggaran yang sebenarnya tidak perlu dilakukan Leandro Paredes tepat di depan kotak penalti.

Wout Weghorst akhirnya kembali menjadi momok dengan mencetak gol keduanya untuk Belanda memanfaatkan situasi tendangan bebas dari assist Teun Koopmeiners. Kedudukan menjadi sama kuat 2-2 dan pertandingan dilanjutkan ke babak ekstra time.

Masih tak ada gol yang tercipta di babak perpanjangan waktu 2 x 15 menit. Argentina memasukkan tenaga baru seperti Ange Di Maria masih belum mampu menambah gol. Sementara Belanda yang masih bermain ngotot juga gagal mencetak gol.

Penjaga gawang Belanda, Andries Noppert menggagalkan peluang emas Lautaro Martinez. Serangan bertubi-tubi dilancarkan Argentina dan membuat beberapa kali melahirkan sepak pojok. Kedudukan 2-2 bertahan dan pemenangnya harus ditentukan melalui adu tendangan penalti.

Emiliano Martinez Gemilang

Di babak adu penalti, penendang pertama Belanda, Virgil van Dijk gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Bola tendangan keras kaki kananya diblok oleh Emiliano Martinez.

Lionel Messi sukses membuat Argentina unggul setelah mencetak gol sebagai eksekutor pertama untuk timnya. Emiliano Martinez kembali menepis tendangan penalti kedua Belanda, Steven Berghuis.

Leandro Paredes sebagai eksekutor kedua Argentina sukses menjalankan tugas dengan baik dan membuat timnya unggul 2-0. Teun Koopmeiners membuat Belanda memperkecil kedudukan 1-2 sebagai eksekutor ketiga.

Gonzalo Montiel maju sebagai ekskutor ketiga Argentina dan sukses mencetak gol. Disusul penalti keempat Belanda yang berhasil dijalankan dengan baik oleh Wout Weghorst.

Adapun eksekutor keempat Argentina, Enzo Fernandez gagal menciptakan gol membuat skor sama. Luuk De Jong membuat skor sama 3-3 sebagai algojo terakhir. Namun Lautaro Martinez akhirnya menjadi pahlawan Argentina setelah mencetak gol dan membuat skor akhir 4-3.

Sumber : bola.com

 
Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال