Bupati Tanbu Berharap Pelatihan Instalasi Listrik Bisa Menciptakan Tenaga Kerja Yang Profesional

FOTO BERSAMA: Pemerintah Kecamatan Simpang Empat, Kepala Bidang Tanaga Kerja bersama tim, Lurah Tungkaran Pangeran, Camat Simpang Empat diwakili Sekdes Desa Sejahtera, Instruktur Instalasi Listrik Rumah Tangga, 16 peserta pelatihan dan tamu undangan berfoto bersama pada acara penutupan pelatihan instalasi listrik rumah tangga – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tanah Bumbu menutup kegiatan pelatihan instalasi listrik rumah tangga di Aula Kantor Desa Sejahtera, Kecamatan Simpang Empat, Jumat (09/12/2022).

Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Kabid Tenaga Kerja Disnakertrans Tanbu, Yamani berharap dengan ditutupnya pelatihan ini dapat semakin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan terkait pemasangan instalasi listrik rumah tangga yang aman dan sesuai dengan standar PLN, sehingga dapat menurunkan kasus kebakaran yang disebabkan oleh konsleting listrik.

“Oleh karena itu, kami berharap dengan pelatihan instalasi listrik rumah tangga ini dapat menjadi dasar ilmu dalam menciptakan tenaga kerja yang profesional dan terlatih di bidang pemasangan instalasi listrik rumah tangga di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” sebutnya.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Tanbu H Alvian Noor diwakili Kabid Tenaga Kerja, Yamani mengungkapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa Sejahtera atas bantuan serta fasilitas sehingga pelatihan selama ini dapat berjalan dengan lancar.

“Peserta jangan cukup di sini saja, tolong kembangkan, ketika ada daerah lain yang mengadakan pelatikan pengembangan maka peserta disarankan untuk turut serta dan apapun pekerjaannya dan lulusan pendidikan sampai mana saya harap peserta tidak minder, peserta diminta jangan terpaku pada pelatihan disini saja semoga bisa mengembangan ilmu dan prakteknya,” pesan dia.

Salah seorang instruktur pelatihan listrik, Asdar menyampaikan, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan disambut antusias oleh para peserta pelatihan.

Asdar meminta, melalui bekal ilmu dan pelatihan yang diberikan secara keseluruhan para peserta sudah cukup baik dan mumpuni untuk terjun di bidang kelistrikan dan mengaplikasikan ilmunya di lingkungan masyarakat.

Pria yang juga berprofesi sebagai guru di SMKN1 Simpang Empat itu berharap, kegiatan pelatihan seperti ini dapat terus dilanjutkan oleh Pemerintah Daerah sehingga potensi dan kompetensi para peserta dapat lebih dimaksimalkan.

Sementara itu, Muhammad Yusuf Herdian mewakili 16 peserta pelatihan dan merupakan lulusan SMK 1 Simpang Empat dari Desa Sejahtera Kecamatan Simpang Empat berharap pada pelatihan tentang kelistrikan berikutnya mendapatkan materi tiga phase dan pemasangan panel maupun materi lembagan lainnya sebagai penunjang kerja di perusahaan.

Pemerintah Kecamatan Simpang Empat, menyampaikan pelatihan ini merupakan sebuah peluang besar untuk mengisi kesempatan lowongan pekerjaan.

Melalui perwakilan Camat Simpang Empat mengungkapkan Kecamatan Simpang Empat memiliki penduduk terpadat di Kabupaten Tanah Bumbu, fokus pada peluang pekerjaan yang ada dari para perusahaan dan instansi lainnya, pasti mengutamakan pekerja lokal. Ilmu yang didapat para peserta diharapkan bisa ditularkan ke masyarakat.

Pelatihan instalasi listrik rumah tangga ini diajarkan kepada peserta sebagai pembinaan tingkat dasar yaitu memahami listrik 220 volt, sehingga nantinya para peserta bisa merakit dan merancang sendiri terapan pemasangan listrik di rumah maupun lingkungannya.

Pelatihan dilaksanakan dengan pola waktu 240 jam (1 bulan) sejak November 2022 lalu dan ditutup Desember 2022. Pelatihan ini bersifat gratis tanpa dipungut biaya bagi peserta.

Kegiatan dihadiri oleh Pemerintah Kecamatan Simpang Empat, Kepala Bidang Tanaga Kerja bersama tim, Lurah Tungkaran Pangeran, Camat Simpang Empat diwakili Sekdes Desa Sejahtera, Instruktur Instalasi Listrik Rumah Tangga, 16 peserta pelatihan dan tamu undangan.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال