Bupati Tala Ingin Keberadaan Lumbung Pangan Membuat Harga Jual Gabah Petani Lebih Tinggi

PERESMIAN LUMBUNG PANGAN: Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta memotong pita sebagai tanda diresmikannya penggunaan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan - Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Bupati Tanah Laut (Tala) HM Sukamta berharap dengan dibangunnya lumbung pangan, para petani tidak menjual gabah kepada pedagang perantara alias tengkulak dengan harga yang murah, namun menyimpan hasil gabah mereka di lumbung padi yang telah dibangun pemerintah daerah dan menjualnya kepada pengelola Gapoktan dengan harga lebih tinggi.

Keinginan ini dikemukakan Bupati Sukamta saat meresmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Berkat Mufakat di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Panyipatan, Sabtu (17/12/2022).

"Kita bangunkan lumbung pangan ini agar para petani nanti saat memasuki musim panen, hasil gabah padinya tidak dijual kepada pedagang perantara alias tengkulak dengan harga yang murah. Jadi nanti hasil panen para petani yang tergabung dalam kelompok tani dijual di Gapoktan dengan harga yang lebih tinggi," kata Bupati pada acara peresmian didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Tala H Syahrian Nurdin.

Bupati dalam sambutannya mengharapkan para petani di Desa Kandangan Lama terutama yang tergabung dalam kelompok tani untuk dapat memanfaatkan lumbung pangan yang telah dibangun beserta fasilitas pendukungnya .

Selanjutnya, Bupati berharap dengan dijualnya hasil panen gabah padi kepada pengelola Gapoktan, para petani bisa mendapatkan harga yang lebih baik dibandingkan dijual kepada para pedagang perantara. 

"Mudah-mudahan dengan adanya peresmian lumbung padi beserta fasilitas perlengkapannya ini bisa menampung dan membeli hasil panen petani dengan harga yang sesuai sehingga para petani di Desa Kandangan Lama mendapatkan keuntungan dari pertanian mereka," harap Bupati.

Pada kesempatan ini, Bupati meresmikan LPM Gapoktan Berkat Mufakat Desa Kandangan Lama beserta fasilitas penunjang lainnya yang terdiri dari lumbung pangan, lantai jemur, mesin pengering padi dan mesin penggilingan padi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2022 yang dilaksanakan secara swakelola oleh Gapoktan Berkat Mufakat. 

Turut hadir dalam acara peresmian perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Tala, Inspektur Kabupaten Tala, Camat Panyipatan, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Panyipatan, Penyuluh Pertanian Kecamatan Panyipatan, Eks Kepala DKPP Tala yang baru saja memasuki purna tugas yakni Ir Rizayadi, Kepala Desa Kandangan Lama, dan masyarakat yang tergabung dalam Gapoktan Berkat Mufakat.

Penulis: Zainal/Diskominfo Tala

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال