Paman Birin Gelorakan Budaya Menanam Kepada Masyarakat Jejangkit Batola

 

SIMBOLIS: Pemberian bibit tanaman oleh Paman Birin kepada warga Desa Jejangkat Kabupaten Batola - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin terus mengelorakan semangat budaya menanam pohon kepada masyarakat untuk anak cucu dan kelestarian lingkungan.

Semangat ini juga disampaikannya saat beramah-tamah dengan masyarakat Desa Jejangkit Kecamatan Jejangkit Kabupaten Barito Kuala, Senin (07/11/2022), dalam rangkaian turun ke desa (Turdes) kedelapan tahun 2022.

Desa Jejangkit merupakan titik terakhir turdes Paman Birin yang ditujukan untuk pengendalian inflasi di daerah tahun ini.

Di desa ini, Paman Birin selain melakukan penanaman pohon, juga membagikan jenis bibit lain seperti belangiran, mahoni, nangka, sepatudea, dan tabebuya dengan total 200 bibit.

Paman Birin juga menyerahkan bantuan Dinas Kesehatan Kalsel berupa PMT ibu 5 paket dan anak 5 paket, lalu bantuan Dinas Sosial berupa paket Sembako untuk 125 orang dan alat olahraga dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel.

Selain menyerukan untuk menanam pohon, Paman Birin mengajak masyarakat mengendali inflasi dengan cara apapun yang mampu dilakukan, termasuk menanam cabai di pekarangan rumah.

“Satu pohon cabai saja kalau berbuah, itu cukup membantu,” ujarnya.


Diketahui, pasca kenaikan harga BBM awal September sejumlah komoditas pangan seperti aneka cabai dan bawang merah mengalami kenaikan harga, walaupun saat ini pergerakan harga komoditas tersebut cenderung menurun dan stabil.

Sedangkan harga komoditas yang perlu mendapat perhatian khusus yakni adalah harga beras yang masih dalam tren meningkat.

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال