Mewujudkan Pemilu yang Demokratis, Bawaslu Akan Jalin Kerjasama Dengan PWI Kotabaru

 

SIMBOLIS: Bawaslu Kotabaru menggandeng seluruh stakeholders dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024 - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Ikut mensukseskan pengawasan partisipatif Pemilu 2024, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kabupaten Kotabaru akan menjalin kerjasama dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kotabaru.

Ketua PWI Kotabaru Achmad Nurahsin mengatakan, PWI selaku organisasi pers mempunyai tanggung jawab moral ikut menyukseskan agenda-agenda besar, termasuk Pemilu agar berjalan dengan baik, lancar dan berintegritas.

"Peran pers sesuai amanat Undang-Undang memiliki kewajiban menginformasikan, mengedukasi dan melakukan pengawasan dalam tahapan Pemilu. Makanya kita akan bekerjasama dengan Bawaslu agar mampu mensukseskan pemilu 2024 yang berjalan baik, lancar dan berintegritas," tegasnya.


Selain fungsi edukasi, informasi tentang adanya indikasi pelanggaran Pemilu penting bagi Bawaslu untuk dilakukan tindak lanjut pengawasan dan juga penting bagi pers, karena merupakan sumber informasi dalam kemasan produk jurnalistik.

"Dalam kesempatan ini kami atas nama PWI Kabupaten Kotabaru menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bawaslu atas kesempatan dan kepercayaan terhadap pers dalam pengawasan partisipatif menjelang Pemilu 2024. Ini tentunya sangat penting dalam satu kolaborasi dan sinergitas yang baik membangun demokrasi," tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan Bawaslu Kotabaru Fat Hurrahman menyatakan, diperlukan partisipasi semua pihak sebagai upaya pencegahan meminimalisir pelanggaran, termasuk peran organisasi PWI.

"Dalam praktiknya tugas mengawasi pemilu itu membutuhkan dukungan banyak pihak, termasuk dari organisasi PWI. Hal ini penting karena ketika ada temuan atau indikasi pelanggaran maka mereka bisa melaporkan ke Bawaslu dan ikut mengawalnya dengan mempublikasikannya dalam bentuk produk jurnalistik," tukasnya.

Penulis: Daeng

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال