Hujan Deras, Banjir Melanda Jeddah Arab Saudi

 

BANJIR: Banjir melanda Jeddah, Arab Saudi. Banjir di salah satu wilayah besar di Arab Saudi karena hujan deras - Foto Net.

BORNEOTREND.COM - Banjir melanda Jeddah, Arab Saudi. Banjir di salah satu wilayah besar di Arab Saudi tersebut disebabkan oleh guyuran hujan deras sejak Kamis (24/11/2022). Genangan air pun menghambat lalu lintas.

Lantas, bagaimana kondisi terkini banjir di Jeddah? Berikut informasinya.

Awal Mula Banjir di Jeddah

Hujan deras mengguyur wilayah Jeddah, Arab Saudi pada Kamis (24/11/2022) sore waktu setempat. Hujan tersebut menyebabkan akses jalan menuju Mekah tersendat karena banjir. Dilansir Arab News dan Middle East Eye, banjir di Jeddah itu dilaporkan mengganggu lalu lintas dan merendam mobil-mobil di jalanan.

Menurut Pusat Meteorologi Nasional Saudi, curah hujan di area selatan Jeddah pada Kamis (24/11) sekitar pukul 08.00 hingga pukul 14.00 waktu setempat, mencapai 179 milimeter. Angka itu tercatat sebagai curah hujan tertinggi.

2 Orang Tewas, Tidak Ada WNI yang Terdampak

Ada dua orang yang dilaporkan tewas akibat banjir di Jeddah, Arab Saudi. Selain itu, Juru bicara otoritas pertahanan sipil Saudi di Mekah mengimbau masyarakat untuk tidak keluar rumah kecuali ada keperluan mendesak.

Dua kematian tercatat sejauh ini, dan kami menyerukan semua orang tidak pergi keluar kecuali diperlukan," demikian imbauan pemerintah regional Mekah via Twitter, dikutip detikcom, Jumat (25/11/2022).

Pihak Konsulat Jenderal RI (KRJI) Jeddah, Arab Saudi memastikan tidak ada WNI yang terdampak banjir di wilayah tersebut. KJRI mengatakan seluruh WNI yang ada di Jeddah dalam kondisi aman.


"Enggak, nggak ada. Jadi sejauh ini menurut pantauan kami tidak ada WNI yang terdampak. Artinya terdampak ini dalam arti luka, atau bahkan meninggal nggak ada," ucap Konjen RI Jeddah Eko Hartono saat dihubungi, Jumat (25/11/2022).


Penyebab Banjir di Jeddah

Hujan deras menjadi penyebab utama banjir di Jeddah. Konjen RI Jeddah Eko Hartono menjelaskan penyebab terjadinya genangan di sepanjang kota adalah minimnya drainase.

"Kenapa ada genangan di banyak tempat, karena sistem drainase sini hampir nggak ada. Kan di sini jarang hujan," jelas Eko, Jumat (25/11/2022).

Jalan Menuju Mekah Sempat Ditutup

Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan jika banjir membuat jalan yang menghubungkan Jeddah dan Mekah ditutup pada Kamis (24/11/2022) waktu setempat. Kini, ruas jalanan itu sudah kembali dibuka.

Saluran televisi Al-Ekhbariya juga menunjukkan tayangan para jemaah di Masjidil Haram, Mekah, yang mengelilingi Kakbah saat guyuran hujan lebat.

Jeddah adalah kota berpenduduk 4 juta jiwa yang terletak dekat dengan Laut Merah. Jeddah sering disebut sebagai 'gerbang ke Mekah', tempat di mana jutaan orang menunaikan ibadah haji dan umrah setiap tahunnya.

Banjir di Jeddah: Penerbangan Ditunda, Sekolah Ditutup

Banjir di Jeddah juga membuat penerbangan di Bandara Internasional King Abdulaziz ditunda. Kegiatan belajar diliburkan karena sekolah-sekolah ditutup.

Banjir di Jeddah Tidak Separah di Media Sosial

Konjen RI Jeddah Eko Hartono mengatakan banjir Jeddah tidak sedahsyat yang digambarkan di media sosial. Pemerintah setempat sudah melakukan sejumlah langkah antisipasi.

"Kalau menurut saya tidak sedahsyat itu, ada di beberapa tempat yang tergenang, tapi karena pemerintah daerah belajar dari pengalaman dulu tahun 2009 waktu parah itu, kemudian beberapa jalan segera ditutup. Terutama underpass, sehingga sejauh ini korban hanya dua yang dilaporkan ada dua meninggal," kata Eko, Jumat (25/11/2022).

Eko menduga unggahan di media sosial itu adalah peristiwa banjir pada tahun sebelumnya. Dia menyebut tidak ada mobil yang terserat dalam banjir kali ni.

"Saya menduga beberapa yang tampil di medsos itu kejadian tahun lalu sehingga ada mobil yang sampai terseret arus, nggaklah. Menurut saya di kota ini nggak. Genangan di mana-mana tapi nggak kemudian sampai mobil terseret ke mana-mana," lanjutnya.

Kondisi Terkini: Masih Ada Genangan Air

Banjir di Jeddah masih berlangsung hingga Jumat (25/11) pagi waktu Jeddah. Sejumlah ruas jalan masih tergenang banjir. Para petugas mengevakuasi mobil yang mogok karena banjir.

"Masih ada (genangan), ini saya kebetulan berjalan sambil melihat situasi Jeddah ini beberapa mobil mogok, kemudian ada underpass tergenang ini, ada beberapa mobil kemarin karena dia nggak bisa lewat jadi ini derek dan sebagainya," ungkap Konjen RI Jeddah Eko Hartono, Jumat (25/11/2022).

Sumber : detik.com

 
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال