Tanpa Ganggu Pekerjaan, Ini Ide Bisnis Sampingan untuk Karyawan yang Menjanjikan

IDE BISNIS: Sebagai karyawan di sebuah perusahaan baik karyawan swasta atau pegawai negeri sipil (PNS), tidak ada salahnya melakukan usaha sampingan karyawan untuk meraih tambahan penghasilan - Foto Net.


BORNEOTREND.COM - Sebagai karyawan di sebuah perusahaan baik karyawan swasta atau pegawai negeri sipil (PNS), tidak ada salahnya melakukan usaha sampingan karyawan untuk meraih tambahan penghasilan.

Tentunya, sebelum memulai usaha sampingan. Sebaiknya pertimbangkan jenis usaha yang tidak mengganggu pekerjaan. Anda memang harus memikirkan cara membagi waktu antara pekerjaan utama dan usaha sampingannya, agar tetap profesional.

Dilansir dari Indeed, selain alasan penghasilan tambahan. Biasanya, alasan lain mengapa karyawan melakukan usaha sampingan untuk mengeksplor kemampuan atau menuruti hobi di luar pekerjaan full time sebagai karyawan.

Berikut ulasan Bisnis terkait sejumlah ide usaha sampingan karyawan yang mungkin bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang mau memulainya.

1. Social Media Expert
Melansir dari Inc, beberapa orang memiliki barang yang ingin mereka jual secara online tetapi tidak punya waktu untuk memotret barang tersebut, membuat deskripsi, dan mempostingnya di situs yang berbeda. Anda dapat memulai bisnis dengan membantu orang lain menjual barang mereka secara online dan mendapatkan komisi dari harga jual akhir.

2. Menulis
Usaha sampingan sebagai penulis, blogger, kontributor atau bahkan content writer bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa mengikuti lomba-lomba menulis yang diselenggarakan. ANda bisa mengerjakannya saat istirahat kantor, sepulang kerja, atau di akhir pekan. 3. Fotografi Apabila Anda punya keahlian memotret, maka usaha sampingan fotografi akan sangat menjanjikan. Sebagai permulaan, Anda cukup menawarkan jasa tersebut ke orang-orang di kantor. Kalau hasil Anda bagus, maka Anda bisa merambah ke tempat yang lebih luas.

4. Jual Foto Online
Menjual gambar ke berbagai platform stok fotografi online bagi yang tertarik dengan fotografi dan editing foto. Gambar Anda dapat berupa alam, orang, peristiwa, landmark, atau aktivitas. Anda dapat membuat foto lebih menarik dengan mengeditnya.

5. Kerajinan
Jika Anda menyukai kerajinan tangan, seperti membuat dari bahan bekas, daur ulang, menyulam, menjahit. Maka, Anda bisa jadikan hobi tersebut sebagai sebuah usaha sampingan. Apalagi mengingat, kini banyak orang suka dengan kerajinan tangan yang unik.

6. Jasa Entri Data
Jika Anda seorang pengetik yang cepat, maka entri data adalah salah satu cara Anda dapat mengubah keterampilan Anda menjadi sebuah bisnis. Anda dapat memberikan layanan penting dengan memasukkan data perusahaan dan pelanggan ke dalam spreadsheet atau sistem manajemen data.

7. Usaha Guest House
Jika Anda memiliki ruang ekstra, maka masuklah ke bisnis Guest House atau biasa disebut dengan Bed & Breakfast. Dengan aplikasi, ini tentu memudahkan Anda dalam menyewakan kamar, apartemen, atau rumah.

8. Menjadi Karier Coach
Melansir dari Nerd Wallet, Jika Anda adalah sosok yang sangat terorganisir, pendengar yang baik, dan mengetahui denyut nadi pasar kerja saat ini, pertimbangkan untuk menjadi career coach freelance sebagai bisnis sampingan. Career coach tidak memerlukan sertifikasi untuk beroperasi secara legal, tetapi ada baiknya untuk menerima pelatihan atau pendidikan tinggi jika Anda serius ingin membangun bisnis pelatihan yang dapat dipercaya.

9. Travel Review
Apabila pekerjaan tetap Anda mengharuskan Anda berpindah tempat, atau Anda menganggap diri Anda seorang backpacker. Maka, Anda dapat mulai menulis ulasan perjalanan sebagai bisnis sampingan Anda di kedua skenario.

Anda dapat mempublikasikan ulasan di blog Anda atau di beberapa situs web pihak ketiga. Untuk menjadi pengulas perjalanan, Anda harus memiliki kamera dan sebaiknya komputer. Selain itu, Anda harus tahu cara mengambil foto yang memukau, membuat video yang meyakinkan, dan menulis cerita perjalanan yang menarik.

10. Usaha Laundry
Berdasarkan MUO, membuka usaha jasa laundry tidak memerlukan keahlian khusus. Layanan laundry biasanya menawarkan penjemputan dan pengantaran, mencuci dan mengeringkan, melipat, menyetrika, dan melakukan perbaikan kecil. Untuk memulai, Anda memerlukan mesin cuci dan pengering yang andal.

Sumber : bisnis.com
Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال