Sudah Sembuh, ODGJ di Balangan Malah Ditolak Keluarga

RAPAT: Hj Sri Huriyati menggelar rapat koordinasi dengan dinas terkait untuk membahas ODGJ - Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Hj Sri Huriyati Abdul Hadi menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan dinas terkait, Senin (12/9/2022)  di Kediaman Bupati Balangan untuk membahas masalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) berinisial AM yang ditolak keluarganya meski sudah sembuh setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum.

"AM ini harus sudah dipulangkan Sambang Lihum ke kita, namun pihak keluarga sama sekali tidak ingin menerimanya lagi. Di sini kita duduk sama-sama mencari solusi yang terbaik untuk AM dan keluarganya. Menjelaskan ke pihak keluarga bahwa AM ini bisa sembuh. Walaupun ODGJ ini tidak bisa sembuh secara total tapi dengan meminum obat secara rutin akan membuat dia lebih baik dan juga mencari solusi bagaimana pihak keluarga ini bisa kembali lagi menerima si AM," katanya.

Secepatnya, lanjut Hj Sri, pihaknya akan bertindak mengupayakan pendekatan dulu dengan keluarga AM. Yang mana AM dinyatakan sudah membaik oleh RSJ Sambang Lihum.

"ODGJ ini harus ekstra didampingi oleh keluarganya dalam pemberian obat-obatan. Pihak keluarga tidak bisa melepaskan kasus ODGJ ini. Walaupun dia dinyatakan membaik cuma dia tidak boleh lepas dari obat-obatan tersebut," paparnya.

Maka dari itu, Hj Sri mengaku tidak bisa bergerak sendiri menyelesaikan kasus ini tanpa keterlibatan dinas-dina terkait untuk sama-sama bergandengan tangan serta bahu-membahu dalam penyelesaian kasus ODGJ ini.

Hj Sri juga berharap, rumah singgah untuk ODGJ di Kabupaten Balangan  akan segera terealisasikan mengingat banyaknya kasus ODGJ yang keluarga sudah tidak ingin menerimanya lagi.

"Mungkin dengan adanya rumah singgah ini, memberikan solusi agar sementara ODGJ ini ditempatkan di rumah singgah. Kita lakukan pendekatan untuk keluarga agar bisa menerima ODGJ ini kembali," pungkasnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال