Lapas Batulicin Jalin Kerjasama Dengan BLK Tanbu Untuk Berikan Pelatihan Kepada Warga Binaan

TANDA TANGAN: Plt Kepala Lembaga Pemasyarakatan Batulicin Bambang Hari Widodo disaksikan Kepala UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten Tanah Bumbu Hamdan Rusli Habibi menandatangani perjanjian kerjasama pelatihan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin melakukan kerjasama dengan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Tanah Bumbu dengan memberikan pelatihan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk membina kemandirian saat mereka bebas nanti.

“Alhamdulillah WBP di lapas kelas III Batulicin ini 95 persen adalah masyarakat Tanah Bumbu, sehingga harapan kami dengan adanya pelatihan ini WBP mempunyai keterampilan yang berguna untuk bekal setelah kembali ke keluarga masing-masing,” ujar Kepala UPTD BLK Disnakertrans Kabupaten Tanah Bumbu, Hamdan Rusli Habibi ketika menghadiri pembukaan pelatihan pengelasan bagi warga binaan oleh Plt Kepala Lembaga Pemasyarakatan, Bambang Hari Widodo di Aula Lapas Kelas III Batulicin, Selasa (20/09/2022).

Menurutnya, pendanaan pelatihan seluruh WBP dari Kemenkumham, namun jika dananya dari APBD maka pesertanya berasal dari Tanah Bumbu.

“Harapan kami semoga program pelatihan ini berkelanjutan dan dapat berkembang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, sehingga setelah selesai menjalani hukumannya WBP, dapat langsung berwirausaha ataupun bekerja. Untuk trainernya kami kerjasama dengan pihak usahawan Bidang Las, karena pelatihannya berbasis masyarakat,” paparnya.

BLK bertugas memberikan kurikulum dan silabus serta monitoring evaluasi dan pendampingan ketika pelaksanaan pelatihan akan dilakukan pelatihan selama 12 hari sebagaimana indikator pelatihan untuk masyarakat Tanah Bumbu pada umumnya.

Disamping itu, terlaksananya kegiatan ini merupakan salah satu wujud pembinaan kemandirian bagi Narapidana di Lapas Batulicin.

“Salah satunya pelatihan pengelasan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM Narapidana, menjadi SDM unggul melalui pelatihan keterampilan bersertifikat,” terang Plt Kalapas Batulicin, Bambang Hari Widodo.

Pelatihan dimulai hari Selasa tanggal 20 September 2022 sampai tanggal 3 Oktober 2022 yang diikuti 20 Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Batulicin.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Lilik Sujandi melalui Plt Kalapas Batulicin, Bambang Hari Widodo, turut menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu khususnya Jajaran UPTD BLK Tanah Bumbu.

Dalam Sinergi dan dukungan yang terjalin untuk pembinaan bagi WBP Lapas Batulicin dan berharap kegiatan dapat berguna bagi WBP serta dapat terlaksana secara berkelanjutan.

“Saya ucapkan terima kasih untuk Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu khususnya UPTD BLK Tanah Bumbu atas dukungan dan sinergitasnya dalam hal pembinaan untuk Warga Binaan Lapas Batulicin, dan diharapkan Kerjasama ini dapat terus berkesinambungan,” pungkasnya.

Dia mengharapkan kegiatan ini menjadi bekal untuk berwirausaha bagi para peserta setelah bebas nanti, dan dilaksanakan secara besungguh-sungguh.

Salah seorang Narapidana Warga Binaan Lapas Batulicin, Boy yang juga sebagai peserta dari pelatihan las, mengaku sangat senang dan tidak menyangka Lapas Batulicin, akan ada kegiatan yang sangat bermanfaat untuknya usai bebas dari Lapas Batulicin.

“Senang sekali, Lapas Batulicin dapat melaksanakan kegiatan pembinaan kemandirian, khususnya latihan pengelasan untuk pengalaman usai bebas nanti,” kata Boy.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال