Ketua Komisi II DPRD Kalsel Dorong Petani di Tala Membuat Pupuk Organik Sendiri

FOTO BERSAMA: Ketua Komisi II DPRD Kalsel Imam Suprastowo dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Tala Farid Widyatmoko serta para penyuluh pertanian swadaya berfoto bersama usai acara Sosialisasi Penyelenggaraan Pencadangan Pangan – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Ketua Komisi II DPRD Kalsel Imam Suprastowo terus mendorong para petani di Kabupaten Tanah Laut untuk bisa membuat pupuk organik sendiri mengingat keluhan para petani saat ini adalah harga pupuk yang mahal serta ketersediaan pupuk yang kurang.

Caranya adalah dengan mengundang para kelompok tani di Balai Pelatihan Pertanian (BPP) untuk diberikan penyuluhan terkait pencadangan pangan yang di dalamnya diajarkan pula cara membuat pupuk organik.

“Dalam sosialisasi itu rencananya kami akan lebih fokus dalam praktek pembuatan pupuk organik, sehingga jika sosialisasi tersebut digelar tentunya keluhan para petani terkait pupuk dapat teratasi,” kata Politisi PDIP Perjuangan ini saat kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan Pencadangan Pangan yang diikuti para penyuluh pertanian swadaya di Kabupaten Tanah Laut di aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Tanah Laut, Kamis (1/09/2022).

Imam Suprastowo mengatakan Sosialisasi Penyelenggaraan Pencadangan Pangan tersebut bertujuan agar para penyuluh petani swadaya dapat turut serta menyampaikan kepada para kelompok tani maupun gapoktan mengenai pentingnya pencadangan pangan. 

"Para penyuluh pertanian swadaya ini, diharapkan dapat menyampaikan kembali akan pencadangan pangan kepada para kelompok tani" ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Tala, Farid Widyatmoko menyambut baik digelarnya kegiatan tersebut. 

Dia berharap kegiatan ini dapat menjadi bekal para penyuluh untuk turut melakukan pencadangan pangan dan menyampaikan secara langsung kepada para petani akan pentingnya cadangan pangan. 

Di tempat yang sama, salah satu petani di Kota Pelaihari Heri mengaku senang dapat mengikuti sosialisasi pencadangan pangan. 

"Sosialisasi ini sangat penting mas, Alhamdulillah, hari ini kami dapat mengijuti secara langsung," paparnya. 

Dia juga berharap, permasalahan terkait pupuk selama ini dapat teratasi oleh dinas terkait.

Dalam sosialisasi tersebut para penyuluh pertanian swadaya ini nampak antusias mendengarkan pemaparan dari anggota DPRD Kalsel dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut.

Penulis: Zainal

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال