Kemenhub RI Hibahkan Dua Pelabuhan ke Pemkab Barsel

 

WAWANCARA: Kepala Dishub Barsel Daud Danda - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI) telah menghibahkan dua pelabuhan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel). 

“Dua pelabuhan yang dihibahkan tersebut yakni Pelabuhan Pasar Lama Buntok, Kecamatan Dusun Selatan dan Pelabuhan Pendang, Kecamatan Dusun Utara,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Barsel Daud Danda, Jumat (9/9/2022).


Diterangkannya surat penyerahan hibah terhadap dua pelabuhan dari Direktorat Pelabuhan Kemenhub RI kepada Pemkab Barsel sudah diterima pihaknya. 

“Setelah surat hibah diterima, kami melakukan koordinasi dengan Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) agar dua pelabuhan ini dimasukan dalam data sebagai aset daerah,” terangnya. 

Ia menjelaskan, adapun nilai Pelabuhan Pasar Lama dan Pelabuhan Pendang yang sudah dihibahkan pusat kepada Pemkab melalui Dishub ini sekitar Rp12,5 miliar. Hibah tersebut berdasarkan usulan pihaknya kepada Kemenhub RI sejak lima bulan yang lalu. 

“Dengan dihibahkan dua pelabuhan itu, Pemkab memiliki kewenangan dalam mengelolanya untuk sepenuhnya kepentingan masyarakat di daerah ini,” ucapnya.

Karena pelabuhan ini sudah dihibahkan, maka pihaknya akan mengusulkan anggaran perbaikan dan perbaikan pada tahun anggaran 2023. Pihaknya juga akan mengusulkan anggaran perawatan dan perbaikan Pelabuhan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala, Pelabuhan Mengkatip, Kecamatan Dusun Hilir dan Pelabuhan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas. 

Menurutnya perawatan dan perbaikan terhadap pelabuhan-pelabuhan itu dilakukan guna memudahkan masyarakat dalam beraktivitas. 

“Ini juga dilakukan agar kondisi pelabuhan layak, sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini,” tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال