Jokowi Sebar 18 KEK di Seluruh Indonesia, Salah Satu Ada di Kalimantan

BANGUN KEK: Hingga tahun 2022, terdapat 18 KEK di Indonesia dan berada merata di semua pulau besar - Foto Net.


BORNEOTREND.COM - Pemerintah Presiden Joko Widodo makin banyak membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di berbagai wilayah di Indonesia. 

Hingga tahun 2022, terdapat 18 KEK di Indonesia dan berada merata di semua pulau besar. 10 Diantaranya merupakan KEK industry dan 8 lainnya masuk kategori KEK Pariwisata.

Pemerintah mengkategorikan dua jenis KEK, yakni KEK Industri Kawasan yang diperuntukkan bagi aktivitas industri bernilai tambah dan KEK Pariwisata, Kawasan yang diperuntukkan bagi kegiatan usaha pariwisata untuk mendukung penyelenggaraan hiburan dan rekreasi, pertemuan serta kegiatan terkait.

Dari total 18 KEK, terdapat 6 KEK di Sumatera, 5 KEK di Pulau Jawa, 1 KEK di Nusa Tenggara, 1 KEK di Kalimantan, 3 KEK di Sulawesi, 1 KEK di Maluku dan 1 KEK Papua.

Dilansir dari situs resmi KEK, tujuan utama pengembangan KEK adalah untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, dan peningkatan daya saing bangsa.

Keberadaannya diharapkan membangun kemampuan dan daya saing ekonomi pada level nasional melalui industri-industri dan pariwisata bernilai tambah dan berantai nilai.

Sumber : CNBC Indonesia
Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال