Jalan Provinsi di Desa Satui Barat Longsor, Arus Lalu Lintas Dialihkan Sementara ke Jalan Alternatif

LONGSOR: Salah seorang warga Desa Satui Barat melihat langsung kondisi jalan yang longsor - Foto Dok 


BORNEOTREND.COM - Jalan Provinsi Km 171 di Desa Satui Barat, Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu longsor. Aspalnya retak dan dipastikan tidak bisa dilintasi kendaraan baik roda dua maupun roda empat

Sempat terjadi kemacetan panjang di wilayah tersebut dari dua sisi, baik dari arah Batulicin ke Banjarmasin maupun sebaliknya dari Banjarmasin menuju ke Batulicin.

Kemacetan jalan terjadi usai jalan mengalami longsor, Rabu (28/09/2022) dini hari.

Amblasnya jalan ini diperkirakan akibat bekas galian tambang batu bara di dekat jalan.

Mendapat informasi tentang kerusakan jalan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), M Subhansyah turun ke lokasi untuk melakukan pemantauan dan memasang pembatas dan rambu peringatan bahaya.

"Kami memasang pembatas agar pengendara bisa melihat lubang di depannya saat melintas dari arah Batulicin ke Banjarmasin atau pun sebaliknya," ujarnya.

Dia mengatakan kondisi jalan saat ini cukup parah kerusakannya dan sangat membahayakan pengguna jalan.

Subhansyah mengatakan, pihaknya segera melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Kalsel terkait perbaikan jalan yang longsor.

Subhansyah menegaskan untuk sementara jalan tidak bisa dilintasi dulu kerena membahayakan pengguna jalan. Sebagai gantinya, para pengendara dimintai melewati jalan alternatif.

"Ada jalur alternatif sementara yang bisa dilalui,” ujar Subhansyah.

Kasatlantas Polres Tanah Bumbu AKP Guntur SIK mengungkapkan ada jalur alternatif yang bisa dilintasi pengendara mobil roda 6 atau lebih dari arah Banjarmasin menuju ke Batulicin.

Sopir bisa masuk Simpang 4 Sompul melalui jalan houling HB putra keluar simpang 3 atau underpass H Abidin.

"Sedangkan untuk mobil roda 4 dari arah Banjarmasin bisa masuk Gang Mawar, Desa Sinar Bulan melalui jalan houling HB Putra keluar Desa Jombang,” ungkapnya.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال