Cegah Banjir, MPAI My Darling Kalsel Bersihkan Aliran Sungai di Jalan Pintu Air Kelurahan Angsau

BERSIHKAN SUNGAI: MPAI My Darling Kalsel bersama anggota TNI-Polri dan masyarakat Jalan Pintu Air, Kelurahan Angsau membersihkan aliran sungai - Foto Dok


BORNEOTREND.COM -  Sejak tahun 2018 lalu, kawasan pemukiman warga di Jalan Pintu Air, Kelurahan Angsau, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut kerap terendam air akibat hujan lebat dan banjir kiriman dari daerah lain.

Untuk mencegah musibah banjir, para penggiat lingkungan yang tergabung dalam Masyarakat Pecinta Alam Indonesia (MPAI) Masyarakat Sadar Lingkungan (My Darling) Kalimantan Selatan melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang aliran sungai di Jalan Pintu Air, Minggu (25/9/2022).

Selain dilakukan My Darling Kalsel, aksi bersih-bersih sungai juga turut diikuti oleh anggota TNI, Polri, serta puluhan organisasi kemasyaratan seperti KKSS, R2T, Rapi, Orari Hakli, PSC dan warga sekitar.

Ketua MPAI My Darling Kalsel, Khaidir mengatakan, aksi bersih-bersih sungai ini juga merupakan kegiatan dalam rangka memperingati World Clean Up Day di tahun 2022.

"Aksi Gotong royong membersihkan sungai ini merupakan rangkaian kami dalam memperingati Hari bersih-bersih sedunia," jelasnya.

Pemuda yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial ini berharap, dengan adanya gotong royong tersebut dapat menyadarkan masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan khususnya di sepanjang aliran sungai.

Dia juga menjelaskan membuang sampah di aliran sungai sangat berdampak terhadap kesehatan, membuat dangkalnya sungai serta dapat menimbulkan banjir. 

Sementara itu, ketua RT 24 RW 7 Kelurahan Angsau, Muhammad Yahya menyambut baik digelarnya aksi bersih-bersih sungai di kawasan pintu air.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada My Darling dan partner yang menggelar bersih-bersih sungai di kawasan pintu air," ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, kawasan Jalan Pintu Air sendiri selama beberapa kali sempat terdampak banjir, terlebih ketika terjadinya hujan lebat disertai banjir kiriman dari daerah lain. Sehingga dengan adanya pembersihan sungai ini dapat mengantisipasi banjir di lingkungan mereka.

Selain bersih-bersih sungai, di akhir kegiatan juga digelar penyerahan bantuan berupa bak sampah oleh My Darling kepada warga sekitar.

Penulis: Zainal

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال