Jumlah Mahasiswa Baru Yang Mendaftar di UNISKA Banjarmasin Alami Peningkatan

Wakil Rektor 1 Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari, Dr H Mohammad Zainul – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Wakil Rektor 1 Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Muhammad Arsyad Al Banjari, Dr H Mohammad Zainul mengungkapkan, jumlah mahasiswa baru yang mendaftar pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun ajaran 2022-2023 mengalami peningkatan.

UNISKA sendiri membuka penerimaan mahasiswa baru gelombang pertama tahun 2022–2023 pada tanggal 26 Juni 2022 dan gelombang kedua dilaksanakan 28 Agustus 2022.

"Jadi progres sampai saat ini penerimaan pendaftaran mencapai sekitar 4.776 orang. dan digelombang kedua dilaksanakan 28 Agustus 2022 diperkirakan ada sekitar 5.500 sampai 6.000 orang mendaftar dari total keseluruhan," kata Mohammad Zainul, belum lama tadi. 

Dia mengakui jika jumlah pendaftar mengalami progres peningkatan jika dilihat dari angka pendaftar tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, penerimaan mahasiswa baru keseluruhannya totalnya ada sekitar 5.250 orang. Jadi cukup meningkat signifikan di tahun ini," ungkapnya.

Dikatakan, kenaikan jumlah pendaftar mahasiswa baru ini membuktikan bahwa kepercayaan masyarakat kepada UNISKA Banjarmasin juga ikut meningkat tiap tahunnya. UNISKA Banjarmasin selaku lembaga pendidikan tinggi yang telah dipercaya masyarakat akan berkomitmen juga untuk melakukan pembenahan agar sesuai dengan harapan masyarakat. 

"Semisalnya mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki, termasuk dalam hal ini tenaga pengajar di kampus,” tambahnya.

Menurutnya, kualitas mahasiswa itu sangat tergantung dari segi mutu kualitas SDM yaitu tenaga pengajar yang berkompeten dan profesional. 

UNISKA Banjarmasin memberikan dorongan kepada tenaga pengajar yang ada untuk menempuh pendidikan S3 guna mendapatkan gelar Doktor (DR), yang notabenenya merupakan gelar akademik tertinggi.

"Oleh karenanya, kualitas output itu sangat bergantung pada kualitas SDM. Maka dari itu, dosen pengajar di UNISKA didorong untuk bisa melanjutkan pendidikannya di luar negeri atau di dalam negeri. Kalau tidak salah kita memiliki Dosen pengajar bergelar Doktor (S3) sebanyak 60 orang," ungkapnya.

Sekedar informasi, UNISKA Banjarmasin sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kalimantan Selatan, memiliki 21 program studi untuk S1, dan 5 program studi S2 (Magister) dan yang paling banyak diminati masyarakat di antaranya Ilmu Hukum, Ekonomi, Teknik Informatika, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Komunikasi dan Adminitrasi Publik. 

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال