Desa Matang Hanau Tak Lagi Terisolir Berkat Program TMMD ke-115

TINJAU LOKASI TMMD: Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja SSos MIPol didampingi Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Balangan Urai Nur Iskandar meninjau langsung lokasi digelarnya TMMD ke-115 di Desa Matang Hanau – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Masyarakat di Desa Matang Hanau, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan sangat bersyukur program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) dilaksanakan di desa mereka. 

Betapa tidak, akses jalan yang dikerjakan anggota TNI dalam program TMMD ke-115 membebaskan warga dari keterisoliran.

"Kita mengharapkan program ini bisa cepat terlaksana agar akses jalan masyarakat bisa cepat teratasi, karena selama 13 tahun terakhir masyarakat boleh dikatakan terisolasi karena akses untuk transportasi terganggu adanya banjir, dan dengan adanya program TMMD bisa menyelesaikan permasalahan ini," kata Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Balangan, Urai Nur Iskandar saat mendampingi Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja SSos MIPol yang berkunjung ke daerah Transmigrasi Papuyuan, Desa Matang Hanau, Selasa (23/8/2022).

Urai Nur Iskandar mengatakan bahwa program TMMD merupakan salah satu progran pembangunan Pemkab Balangan yang berkolaborasi dengan TNI dalam program TNI Manunggal Masuk Desa.

Dandim sendiri datang ke daerah Transmigrasi Papuyuan guna melihat langsung perkembangan program TMMD yang dikerjakan anggota TNI.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim turun langsung ke lokasi untuk meninjau struktur jalan yang akan ditingkatkan serta melihat pemukiman warga yang ada di sekitaran lokasi yang akan menjadi program TMMD ke-115.

 "Kami bersama dari Dinas PMD dan Forkopimcam meninjau rencana lokasi TMMD tahun 2022 yang akan dilaksanakan Kodim 1001/HSU-Balangan," ucap Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja SSos MIPol

Dandim mengatakan, TNI akan mengerjakan sasaran fisik berupa pengerasan jalan sepanjang 1,3 Km dan juga ada penambahan penebalan jalan kurang lebih 35 cm.

Dalam Program TMMD, TNI bekerjasama dengan Pemkab Balangan, Polri dan juga masyarakat setempat, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membuka akses jalan serta agar perekonomian masyarakat lebih baik ke depan.

Selain sasaran fisik juga ada program non fisik berupa penyuluhan-penyuluhan terkait wawasan Kebangsaan, Bela Negara, Kesehatan, Hukum dan lainnya untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Desa. 

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال