Cegah Stunting, Puan Dorong Anak Muda Untuk Tidak Menikah Dini

CEGAH STUNTING: Ketua DPR, Puan Maharani, mendorong pemuda agar tidak melakukan pernikahan dini sebagai upaya untuk mencegah stanting - Foto Net.

BORNEOTREND.COM - Ketua DPR, Puan Maharani, mendorong pemuda agar tidak melakukan pernikahan dini, tidak berhubungan seksual di usia muda maupun seks bebas, dan tidak menggunakan narkotika. Selain itu, ia juga meminta pemuda/pemudi calon orang tua untuk mempersiapkan fisik dan mental sebelum menikah agar anak-anaknya kelak bertumbuh dengan baik.


Punya Rencana Hidup

"Ini yang paling penting dilakukan, khususnya untuk anak muda. Karena kalian punya rencana hidup, harus diperhatikan harus siap lahir dan batin. Mental juga harus siap. Dan ini berkaitan dengan pencegahan stunting. Perempuan juga harus disiapkan diri agar anaknya sehat,” kata Puan, di Bali, dikutip pada Rabu, (31/8/2022).

Puan mengatakan perempuan sebaiknya tidak menikah dan memiliki anak sebelum usia 21 tahun, dan untuk laki-laki 25 tahun.

Sosialisasi ke Kampus

Cucu Proklamator RI Bung Karno itu berharap agar sosialisasi generasi berencana dilakukan hingga masuk ke sekolah maupun kampus-kampus. Dengan begitu, generasi penerus bangsa dapat memahami berbagai hal yang berkaitan dengan pencegahan stunting, termasuk tidak menikah di usia muda.

"Saya minta ada sosialisasi ke anak-anak SMA dan di kampus-kampus. Karena mereka yang akan menjadi generasi emas kita yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, mengungkap penting sekali anak muda mengetahui informasi pencegahan stunting. Sebab kelompok muda saat ini yang akan melahirkan anak-anak generasi penerus bangsa.

"Adik-adik yang bisa mencegah stunting. Saatnya yang muda yang berencana. Dan Badung itu menjadi daerah yang stunting-nya terendah di Indonesia. Rata-rata nasional 24 persen untuk stunting, di sini hanya 8 persen. Maka kami berterima kasih kepada bapak bupati dan bapak gubernur karena Bali sudah memberi contoh di tingkat nasional,” kata Hasto.

Sumber : viva.co.id
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال