Bupati Tanbu Ingin SKPD Berinovasi Untuk Tingkatkan Pendapatan Daerah

RAKOR: Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar didampingi Kepala Bapenda Tanbu Eryanto Rais meminta kepada SKPD untuk meningkatkan pendapatan daerah dalam rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi pendapatan daerah – Foto Dok

 

BORNEOTREND.COM – Bupati Tanah Bumbu Abah HM Zairullah Azhar mengharapkan kepada semua SKPD penghasil untuk membuat inovasi dan terobosan agar mampu memberi progres peningkatan yang signifikan dalam sektor penerimaan daerah. 

“Ada tujuan pembangunan yang sudah ditetapkan. Hal itu harus diperjuangkan, sumber dana pelaksanaannya menjadi komponen utama keberhasilan pembangunan itu,” katanya dalam forum rapat koordinasi (rakor) dan evaluasi pendapatan daerah, khususnya untuk pajak dan retribusi daerah dengan SKPD penghasil, yang digelar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tanah Bumbu di ruang rapat Bupati, Rabu (24/08/2022).

Kemudian, kata Abah Bupati, secara bertahap dan berkelanjutan dilakukan evaluasi serta dikaji juga dilaksanakan bersama.

Sementara itu, Kepala Bapenda Tanbu, Eryanto Rais mengatakan, rakor dan evaluasi ini digelar sebagai upaya peningkatan pendapatan daerah tahun 2022, sekaligus menindaklanjuti arahan Bupati dalam ekspose dan evaluasi pendapatan daerah pada 16 Agustus 2022 lalu.

“Ada beberapa hal yang dibahas dalam rapat itu seperti target penerimaan daerah tahun 2023 dan Peraturan Daerah maupun Peraturan Bupati yang menjadi dasar terkait penerimaan daerah pada SKPD penghasil,” katanya.

Eryanto Rais menambahkan, upaya ini merupakan langkah awal dari arahan Bupati agar terus melakukan koordinasi dan evaluasi terkait penerimaan daerah secara berkesinambungan dengan SKPD penghasil.

Dalam rapat ditampilkan dashboard pencapaian penerimaan daerah dari SKPD penghasil. 

Adapun hasilnya bervariasi, dan ada yang masih di bawah 75 persen pada triwulan ketiga, sehingga diharapkan bisa dikejar pencapaiannya agar mampu mencapai 100 persen atau bahkan lebih pada akhir tahun. 

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال