Sarana Asimilasi dan Edukasi Rutan Pelaihari Diresmikan

PERESMIAN SARANA ASIMILASI: Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Hairul Rizal dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kalsel, Sri Yuwono bersama jajaran Forkopimda menghadiri peresmian Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pelaihari – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pelaihari siap digunakan menyusul peresmian fasilitas ini oleh Bupati Tanah Laut HM Sukamta diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Hairul Rizal, Jumat (29/07/2022).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kalsel, Sri Yuwono mengatakan, Sarana Asimilasi dan Edukasi merupakan kegiatan pembinaan yang dikelola oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Asimilasi Kerja yang bertujuan untuk memberikan bekal kemandirian bagi mereka ketika kembali ke tengah masyarakat.

“SAE merupakan penunjang program pembinaan akhir bagi Warga Binaan, walaupun pembinaan itu hanya ada di Lapas, tetapi demi terlaksananya fungsi pemasyarakatan, Rutan mengambil langkah inovatif untuk tetap memberikan pembinaan agar mereka menjadi pribadi yang lebih baik dan dapat berguna bagi masyarakat ketika selesai menjalani masa pidana,” ujar Sri Yuwono.

SAE dibangun di lahan seluas 1.681 meter persegi dengan dikelilingi tembok sepanjang 165,4 meter serta terdapat satu blok hunian seluas 240 meter persegi yang merupakan hibah dari Pemkab Tanah Laut.  

Blok SAE dihuni oleh WBP Asimilasi Kerja yang mengelola kegiatan perkebunan dan perikanan.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Hairul Rizal membacakan sambutan Bupati Tanah Laut, HM Sukamta yang berhalangan hadir menyampaikan, Bupati sangat mengapresiasi Kanwil Kemenkumham Kalsel dan Rutan Pelaihari dan mendukung penuh kegiatan pembinaan di Rutan Pelaihari termasuk kegiatan Sarana Asimilasi dan Edukasi.

Melalui SAE, Bupati mengharapkan kegiatan pembinaan lebih optimal dengan membaurkan warga binaan ke tengah masyarakat dan membuka peluang partisipasi dan edukasi bagi masyarakat tentang kegiatan dan hasil produk di Rutan Pelaihari. 

Usai peresmian SAE, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon durian dan penebaran benih ikan lele yang dilakukan H Hairul Rizal bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan didampingi Kepala Rutan Pelaihari beserta jajaran Forkopimda dan Kepala SKPD. 

Selain itu juga berlangsung kegiatan serah terima bantuan peralatan perkebunan dari BRI Cabang Pelaihari kepada Rutan Pelaihari.

Turut hadir dalam acara peresmian para Kepala UPT Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Banjar Raya, Komandan Kodim 1009 Tanah Laut, Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Laut, Kepala BNNK Tanah Laut, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Tanah Laut, dan Kepala Cabang BRI Tanah Laut.

Penulis: Zainal

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال