Kader Posyandu di Palangka Raya Diminta Aktif Cek Kesehatan Balita

SAMBUTAN: Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya Avina Fairid Naparin saat memberikan arahan - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Palangka Raya Avina Fairid Naparin, mengajak Kader Posyandu lebih aktif lagi dalam memeriksa kesehatan balita yang ada di lingkungan kerja masing-masing.

Hal ini disampaikan Avina sapaan akrabnya, saat membuka kegiatan penguatan Posyandu menuju kota bebas stunting, Selasa (28/6/2022) di Aula Kecamatan Jekan Raya Jalan Mahir Mahar.

“Lakukan pemeriksaan rutin kesehatan ibu dan anak balita terutama yang masih menyusui sampai 1.000 hari kehidupan pertama anak. Pengecekan untuk memastikan gizinya terpenuhi supaya kita bisa mencegah stunting,” katanya.


Baginya kader Posyandu punya peran yang sangat penting terutama untuk memotret kondisi kesehatan di masyarakat. Misalnya melihat sejauh mana derajat kesehatan masyarakat sudah tercapai dan apa saja upaya yang dapat dilakukan.

Dalam upaya pencegahan dan penurunan angka stunting, peran para kader posyandu sangat strategis karena para kader posyandu langsung dapat melihat kondisi balita setiap bulannya.

“Deteksi dini stunting melalui pemantauan pengukuran tinggi dan berat badan, serta tumbuh kembang balita setiap bulannya dapat mengetahui lebih awal potensi balita stunting sehingga penanganannya dapat dilakukan lebih dini,” tutupnya. 

Sumber: Media Centre Palangka Raya

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال