Bupati HST Ingin Festival Kuntau Jadi Ajang Promosi Pelestarian Bela Diri Daerah

 

SIMBOLIS: Penyerahan piala oleh Bupati HST Aulia Oktafiandi dalam kegiatan Festival Bela Diri Tradisional Kuntau Tingkat Kabupaten HST - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi mengapresiasi upaya pelestarian bela diri tradisional kuntau yang dilakukan oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HST, salah satunya dengan menggelar kegiatan Festival Bela Diri Tradisional Kuntau Tingkat Kabupaten HST, Sabtu (22/1/2022) di Taman Wisata Pagat Kecamatan Batu Benawa.

Bagi orang nomor 1 di Kabupaten HST itu, olahraga Kuntau bukan sekedar bela diri, tetapi juga merupakan bagian dari seni budaya Indonesia, oleh karena itu pemuda di zaman sekarang harus terus melestarikan bela diri ini, sebagai olahraga tradisional di Provinsi Kalsel.

"Kita semua menyambut baik dan sangat mendukung Festival Kuntau yang diselenggarakan, sebagai upaya untuk melestarikan seni bela diri tradisional yang ada di Banua kita,” ucapnya saat menutup kegiatan.


Dirinya berharap dengan adanya Festival Kuntau ini, salah satu seni budaya bela diri tradisional Kalsel itu akan tersebar lebih luas di masyarakat.

“Dengan Festival ini pula kita berharap agar terjadi peningkatan minat, wawasan, apresiasi dan persepsi masyarakat terhadap kesenian daerah,” tambahnya.

Sementara itu, panitia pelaksana H Ahmad Apandi yang juga Kabid Pemuda dan Olahraga Disporapar Kabupaten HST menambahkan, bahwa jumlah peserta  atau perguruan Kuntau  yang mengikuti Festival Kuntau ini adalah 30 Perguruan Kuntau yang tersebar di Kabupaten HST.

"Jumlah Peserta yang luar biasa banyak ini tentu menjadi kebanggan kita bersama. Artinya acara ini mendapat apresiasi serta antusiame dari kawan-kawan pendekar Kuntau kita," jelasnya.

Sekedar diketahui, acara dirangkai dengan penyerahan piala kepada pemenang Festival Kuntau tingkat Kabupaten HST oleh Bupati HST yang dilanjutkan penandatanganan prasasti peresmian Early Warning System Kebencanaan Kabupaten HST hasil sinergi Pemkab HST dengan UNDP (United Nations Development Programme) dan WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) yang didedikasikan untuk HST Makmur, Unggul dan Dinamis.

Turut hadir dalam acara Dandim 1002/HST, Pj Sekda HST, para Kepala Perangkat Daerah, Presiden FPSTI, Direktur Eksekutif Walhi, Ketua KORMI HST, Ketua KONI HST, Bank Kalsel, para Camat dan undangan lainnya.

Sumber: Rilis Pemkab HST


Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال