Gen Z Harus Perhatikan Hal Berikut Agar Pandai Kelola Keuangan

DISKUSI: Kegiatan Talk Show yang mengambil tema "Dampak media sosial terhadap pengelolaan keuangan gen Z "si tim mendang mending", bagaimana solusinya?" yang diselenggarakan pada even MUF Auto Fest 2024, Jumat (24/5/2024) di Atrium Duta Mall Banjarmasin - Foto Dok Arief


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Sharia Operation & Assurance Departement Head Tawakkal Tawaf mengakui, dampak media sosial sangat berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan Gen Z di era sekarang.

Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber dalam kegiatan Talk Show yang mengambil tema "Dampak media sosial terhadap pengelolaan keuangan gen Z "si tim mendang mending", bagaimana solusinya?" yang diselenggarakan pada even MUF Auto Fest 2024, Jumat (24/5/2024) di Atrium Duta Mall Banjarmasin.

"Dengan banyaknya penawaran menarik terhadap suatu produk di media sosial, tentunya sangat berpengaruh terhadap pengelolaan keuangan Gen Z. Kalau tidak bisa memilah dan bijak dalam mengelola keuangan salah-salah jadi besar pengeluaran dari pada pendapatan," jelasnya.


Agar hal tersebut tidak terjadi disarankannya pertama Gen Z untuk pandai dalam memilah mana yang merupakan kebutuhan mana yang merupakan keinginan.

"Selesaikan dulu yang kebutuhan baru keinginan. Lalu yang keinginan tidak terlalu penting hendaknya ditunda saja dan dialihkan uangnya untuk investasi," tambahnya.

Lalu yang tidak kalah penting Gen Z harus terus meningkatkan valuenya dengan belajar banyak hal agar kedepannya bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

"Tapi kalau pendapatan sudah besar, pengeluaran jangan besar juga. Sisihkan sebagian untuk menabung demi keperluan di masa depan," timpalnya lagi.

Lalu yang tidak kalah penting manfaatkanlah media sosial untuk belajar hal-hal yang positif, salah satunya yaitu belajar tentang pengelolaan keuangan.

"Ini penting agar literasi keuangan kita bagus, sehingga kita tidak mudah terjebak pengelolaan keuangan yang buruk dan pandai berinvestasi untuk masa depan," tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال