Rutan Buntok Gelar Buka Puasa Bersama

UCAPKAN SELAMAT: Kepala Rutan Kelas IIB Buntok, Sinardi mengucapkan selamat kepada warga binaannya yang hampir menamatkan membaca Al-Qur'an – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Buntok menggelar acara buka puasa bersama, Selasa (2/4/2024).

Hadir dalam kegiatan buka puasa bersama tersebut Pj Bupati Barito Selatan H Deddy Winarwan, Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua PN, Ketua PA, Sekda, Asisten, kepala SKPD dan tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Kepala Rutan Kelas 2B Buntok, Sinardi dalam sambutannya merasa bersyukur bisa berkumpul dalam acara buka puasa di hari yang ke-22 Ramadan berkat Ridha Allah SWT.

“Saya atas nama pribadi dan pimpinan jajaran Rutan Buntok mengucapkan selamat datang di rutan Buntok, mudah-mudahan kedatangan bapak Pj Bupati dan Forkopimda serta tokoh agama membawa hikmah bagi kami beserta seluruh warga binaan yang ada di tempat ini. Warga binaan yang ada di sini adalah merupakan sebagian kecil dari penduduk Barito Selatan. Hari ini isi rumah tahanan untuk dihuni oleh sebanyak 207 orang terdiri dari 199 orang laki-laki dan 8 orang perempuan,” ujar Sinardi.

Sinardi memaparkan bahwa warga binaan di Rutan Buntok menempati wisma masing-masing. Untuk namanya ada wisma Cempaka, wisma Ulin dan wisma Meranti. 

“Kami memberi nama kayu yang terkenal di Kalimantan. Ada wisma Cendana tempatnya perempuan,” katanya.

Pada bulan puasa ini, katanya, Rutan Buntok menggelar program pembinaan warga binaan dengan melakukan tadarus One Juz One Day atau satu hari satu juz. 

“Mereka menyelesaikan bacaan Al-Qur’an. Alhamdulillah, ada 13 orang yang hampir menamatkan Al-Qur’an pada bulan puasa ini dan jika berkenan bapak Pj Bupati dan Forkopimda bisa menyerahkan bingkisan kepada warga binaan kami yang telah melakukan ibadah ibadah Ramadan,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Sinardi lagi-lagi mengucapkan terima kasih atas kedatangan Pj Bupati Barsel dan unsur Forkopimda pada acara buka puasa bersama.

“Saya secara pribadi dan pimpinan mengucapkan terima kasih kepada bapak Pj Bupati melalui Dinas PUPR karena tahun 2024 ini telah memberikan bantuan hibah renovasi blok dan sanitasi yang Insya Allah sebentar lagi akan berjalan. Mudah-mudahan amal ibadahnya diterima Allah SWT,” tutup Sinardi.

Sementara itu, Pj Bupati Barito Selatan H Deddy Winarwan dalam sambutannya mengajak umat muslim untuk memperbanyak amal ibadah, amal soleh, memperbanyak ibadah sunnah dan ibadah wajib supaya mendapatkan keutamaan dalam ibadah puasa Ramadan. 

“Semoga kita mendapat mendapatkan kemenangan yaitu Hari Raya Idul Fitri,” ucapnya.

Dalam bulan suci Ramadan ini, Pj Bupati mengajak umat muslim untuk merenung dan intropeksi diri terhadap apa yang telah diperbuat. 

“Terima kasih kepada bapak Kepala Rutan yang telah menginisiasi kegiatan pada hari ini dan juga kepada warga binaan, pian semua adalah warga Kabupaten Barito Selatan, hanya saja yang membedakan pian semua sedang menjalani suatu tahapan yang Insya Allah apabila pian keluar nanti akan menjadi warga negara yang baik,” ujar Pj Bupati.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال