Rabu Ini, DPD PAN Barsel Buka Pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati

RAPAT: DPD PAN Barsel telah menggelar rapat dan memutuskan untuk membuka pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan hari Rabu 17 April 2024 – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) membuka pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati hari Rabu 17 April 2024.

Ketua DPD PAN Barsel, Ideham menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan rapat terkait Pilkada pada bulan November 2024 mendatang, salah satunya yang dibahas dalam rapat adalah membuka pendaftaran bagi calon Bupati dan Wakil Bupati Barsel.

Ideham menyampaikan, pendaftaran dibuka selama 30 hari karena sesuai intruksi dari DPW PAN Kalteng.

“Berdasarkan hasil rapat kita menyepakati membuka pendaftaran calon Bupati dan wakil Bupati mulai hari Rabu tanggal 17 April hingga 17 Mei 2024,” kata Ideham saat ditemui di Sekretariat PAN Barsel, Senin (15/4/2024).

Dia menjelaskan, pembukaan pendaftaran atau penjaringan ini merupakan program partai untuk membuka diri dan memberikan kesempatan kepada Bupati dan Wakil Bupati yang ingin maju menjadi kepala daerah pada Pilkada 2024.

“Penjaringan ini terbuka untuk umum baik kader partai maupun non kader PAN. Artinya siapapun orangnya kita terbuka menerima pendaftarannya,” ujar Ideham.

Lebih lanjut, Ideham mengatakan, nantinya calon-calon yang telah mendaftar akan diseleksi serta melakukan survei, karena pihaknya menginginkan calon yang akan diusung dipastikan akan menang karena PAN merupakan partai pemenang kedua pada Pileg yang lalu di Kabupaten Barito Selatan.

“Kami sukses di Pileg, kami juga menginginkan juga sukses pada Pilkada nanti. Oleh sebab itu nantinya akan selektif menyeleksi calon-calon yang mendaftar di Partai Amanat Nasional,” tandas Ideham.

Disinggung terkait seleksi dan survei, Ideham menjelaskan hal tersebut bertujuan untuk bahan atau rekomendasi serta melaporkan ke DPW dan DPP untuk mengeluarkan rekomendasi siapa calon yang diusung.

“Berdasarkan instruksi DPP bahwa kita memberikan rekomendasi calon yang berpeluang besar untuk menang pada Pilkada. Karena kami tidak ingin nantinya rekomendasi yang dikeluarkan kepada calon yang kecil peluang menang,” tandas dia.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Penjaringan serta Bappilu, Armada menambahkan, pembukaan pendaftaran atau penjaringan ini merupakan petunjuk dari DPW dan DPP seleksi harus selektif dari akar rumput paling bawah.

“Karena kita yang tahu persis siapa saja calon Bupati dan Wakil Bupati di Barito Selatan. Oleh sebab itu, kita diserahkan penuh oleh DPW dan DPP untuk melaksanakan seleksi,” ucap dia.

Wakil ketua I PAN Barsel, Sudiarto menambahkan 3 siapa saja boleh ikut mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati.

“Baik dari kader partai, partai manapun serta siapapun kita akan menerima. Keputusan direkomendasi nanti semua ditangan DPD PAN DPW hanya meneruskan ke DPP,” pungkasnya.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال