Perkuat Tali Silaturahmi, MTSN 2 Mulawarman Banjarmasin Gelar Khatam Al-quran dan Buka Puasa Bersama

 

SAMBUTAN: Kegiatan Khatam Al-quran dan Buka Puasa bersama yang digelar oleh MTSN 2 Mulawarman Banjarmasin - Foto Dok Realita

BORNEOTREND.COM, KALSEL- MTSN 2 Mulawarman Banjarmasin menggelar kegiatan Khatam Al-quran dan Buka Puasa bersama, Selasa (2/4/2024) lalu di halaman sekolah MTSN 2 Banjarmasin. Kegiatan sendiri diikuti oleh para Guru, Murid dan Wali Murid.

Dalam sambutannya, Kepala Sekolah MTSN 2 Mulawarman Banjarmasin Dr Riduansyah mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendekatkan dan mengakraban hubungan antara Guru, Murid dan Wali Murid hingga tetap terjalin tali silaturahmi yang baik.

"Dalam kesempatan ini kita juga memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai ibadah puasa yang berguna untuk membina akhlak, mengontrol diri, menjaga hawa nafsu dan nikmatnya sehat selama menjalankan ibadah puasa sesuai dengan ajaran Islam," ujarnya.


Khusus untuk kegiatan Khatam Al-Qur'an diakuinya juga tiap tahun dilaksanakan. Bahkan setiap siswa kelas 9 sebelum dia tamat atau lulus, maka wajib melaksanakan Khatam Al-Quran. 

"Jadi bagaimana agar mereka bisa Khatam Al-Qur'an, yaitu setiap 10 menit pelajaran pertama itu biasanya siswa kita wajibkan membaca Al-Qur'an terlebih dahulu. Dengan cara ini siswa tidak hanya bisa khatam sekali, namun berkali-berkali sebelum mereka tamat atau lulus dari sekolah ini," tambahnya.


KHUSYUK: Para siswa MTSN 2 Mulawarman Banjarmasin saat membaca ayat suci Al Qur'an - Foto Dok Realita

Selain itu khusus di momen Ramadan ini, biasanya MTSN 2 Mulawarman Banjarmasin juga melaksanakan Pesantren Ramadhan dan Uji Praktik Keagamaan. Untuk kelas 7 dan 8 siswa di khususkan untuk mengikuti Pesantren Ramadan, sedangkan Kelas 9 ditambah dengan pelaksanaan Praktik Keagamaan. 

"Melalui kegiatan ini kami ingin para siswa bisa memanfaatkan libur Ramadannya tidak hanya untuk bermalas-malasan saja, tapi tetap bisa melakukan kegiatan produktif, khususnya untuk memperdalam ilmu agama," tukasnya.

Penulis: Realita Nugraha

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال