Taat Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup, PLN Indonesia Power UBP Barito Raih Penghargaan Proper Biru

 

SIMBOLIS: Penyerahan penghargaan PROPER Peringkat Biru untuk periode Tahun 2022-2023 oleh DLH Provinsi Kalteng kepada PLN Indonesia Power UBP Barito - Foto Dok PLN


BORNEOTREND.COM, KALSEL- PLN Indonesia Power UBP Barito Raih Penghargaan Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Peringkat Biru untuk periode Tahun 2022-2023. 

Penyerahan diberikan langsung oleh Dr. H. Noor Halim, S.Pd., M.Pd selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (dlh) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang diselenggarakan, Rabu (6/3/2024) lalu di Hotel Aquarius Palangkaraya.

PROPER merupakan sebuah program nasional yang mengevaluasi dan mengakui kinerja lingkungan perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan lingkungan dan peran perusahaan. PLN Indonesia Power UBP Barito memperoleh Sertifikat Penghargaan PROPER Peringkat Biru pada 4 unit pembangkit listrik diantaranya PLTD Baamang, PLTD Kahayan, PLTD Kapuas dan PLTD Kumai sebagai bentuk validasi terhadap komitmen mereka terhadap kinerja perusahaan yang ramah lingkungan.

Zeen Fuady selaku Team Leader Lingkungan PLN Indonesia Power UBP Barito menyatakan bahwa Proper Biru yang didapat merupakan bukti bahwa perusahaan wajib kepatuhan atau berperilaku taat pada aturan yang berlaku. 

"Berkoordinasi dengan tiap bagian yang berada di unit pembangkit, terutama pada peserta program proper dalam menjaga lingkungan baik pengelolaan udara seperti memastikan mesin dalam kondisi prima, pengelolaan air seperti memastikan instalasi air limbah dalam keadaan yang bagus dan pengelolaan limbah B3 seperti pemenuhan dari ketentuan teknis untuk masa simpan dan pengangkutannya” jelas Zeen.


Dirinya juga mengatakan dilakukannya pemantauan lingkungan secara rutin sesuai kewajiban matriks UKL UPL seperti uji emisi cerobong asap, pemantauan udara ambient, kebisingan, air permukaan, dan sosial budaya masyarakat merupakan kiat perusahaan dalam meningkatkan pengelolaan lingkungan.

"Kami berharap tetap dapat menjaga lingkungan perusahaan baik pada pengelolaan maupun pemantauan lingkungan unit agar selalu dalam keadaan baik sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga keberhasilan ini tetap terjaga" tambah Zeen.

Lebih dari sekadar penghargaan, Sertifikasi Proper Biru menunjukkan bahwa PLN Indonesia Power UBP Barito beroperasi dengan taat dalam pengelolaan dan pemantauan lingkungan. Hal ini juga memberikan kepercayaan kepada konsumen dan pemangku kepentingan bahwa perusahaan ini mengutamakan keberlanjutan dalam setiap aspek operasionalnya.

Adanya Sertifikasi Proper Biru juga menunjukkan bahwa PLN Indonesia Power UBP Barito bukanlah sekadar konsep, melainkan prinsip yang terintegrasi secara mendalam pada budaya perusahaan untuk keberlanjutan prestasi lingkungan yang diakui secara resmi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Sumber: PLN 

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال