Pj Bupati Kapuas Lepas Arak-arakan Ogoh-ogoh di Desa Sidorejo

LEPAS ARAK-ARAKAN: Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi mengangkat bendera ketika melepas arak-arakan Ogoh-Ogoh menyambut perayaan Tahun Baru Saka 1946 di Desa Sidorejo, Kecamatan Tamban Catur – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas Erlin Hardi melepas arak-arakan Ogoh-Ogoh menyambut perayaan Tahun Baru Saka 1946 di Desa Sidorejo, Kecamatan Tamban Catur, Kabupaten Kapuas, Kalteng, Minggu (10/3/2024).

Turut hadir mendampingi Pj Bupati pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Agustina Erlin Hardi, Kejari Kapuas Luthcas Rohman, Camat Tamban Catur Rustamaji, serta beberapa Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi mengatakan hari Raya Nyepi dengan tema "Belajar Bersama Menguatkan Srada Nyepi Tahun Saka 1946" pada tahun ini merupakan salah satu acara untuk mengajak seluruh umat Hindu saling menghormati dan saling menghargai sesama baik antara agama, suku maupun pemerintah.

"Hari Raya Nyepi ini juga menjadi sarana untuk memaknai kehidupan yang lebih berarti, serta menjaga kesucian rohani menuju jaan yang benar, berdasarkan dharma dan falsafah tri hita karana," ucap Erlin.

Erlin Hardi juga mengatakan, penyegaran dan pencerahan begini amat penting bagi umat hindu dalam upaya untuk terus menjunjung tinggi kedamaian, ketentraman, toleransi dan harmoni dalam kehidupan.

"Kedamaian, toleransi dan harmoni juga perlu terus kita pelihara, kita hidupkan dan kita segarkan di tengah kehidupan masyarakat yang sangat majemuk," kata Erlin.

Pj Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada warga Hindu yang sudah ikut berperan memelihara ketertiban dan kedamaian di Kabupaten Kapuas, sehingga dapat dirasakan Kabupaten Kapuas yang begitu rukun, damai satu sama lain.

"Mari kita pelihara ini selamanya, dengan kebersamaan kita melangkah bersama agar bagaimana masyarakat menjadi maju, sejahtera, rukun dan damai," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kecamatan Tamban Catur, Wayan Latre mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangkaian Hari Raya Nyepi sekaligus menyambut kehadiran Pj Bupati yang datang untuk melepas arak-arakan Ogoh-ogoh.

"Karena Ogoh-Ogoh ini merupakan salah satu simbol dari alam semesta, karena Hari Raya Nyepi ini ada rangkaian-rangkaiannya yaitu Melati dan Tawur Kesanga," kata Wayan Latre.

Latre selaku Ketua PHDI mewakili umat Hindu Dharma di Desa Sidorejo kemudian mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pj Bupati Kapuas beserta rombongan yang telah hadir ke Desa Sidorejo.

Penulis: Gus

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال