Wanita Asal Tabalong Mengaku Puas dengan Penjaminan Program JKN

 

SENANG: Mariam saat memperlihatkan kartu JKN mobile miliknya - Foto Dok jamkesnews.com


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Pengakuan rasa puas dan kagum akan penjaminan dari Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diungkapkan oleh Siti Mariam (44 Tahun) kala dijumpai oleh tim jamkesnews.com pada Senin (22/1/2024) lalu. 

Ia mengaku bahwa selama menjadi peserta JKN dirinya kerap menggunakan untuk berobat ke fasilitas kesehatan dan selama itu pula Mariam selalu merasakan pelayanan yang baik dan nyaman.

“Saya sudah menjadi peserta sejak tahun 2019 dan sering menggunakan untuk ke klinik, selama saya menjadi peserta dan memperoleh perawatan atau pelayanan semuanya baik dan menyenangkan bagi saya. Saya tidak pernah merasa menyesal menjadi peserta BPJS Kesehatan karena manfaatnya yang begitu luar biasa menurut saya,” katanya.


Semenjak tergabung menjadi peserta Program JKN, Mariam mengaku merasa lebih tenang dalam menjalani aktivitas karena yakin segala pelayanan kesehatan apabila dibutuhkan akan dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan. Ia pun merasa sangat kagum dengan kemudahan yang diberikan saat ini sebagai peserta BPJS Kesehatan, Mariam menyebut kemudahan itu hadir hampir di setiap titik layanan kepada peserta BPJS Kesehatan. 

“Sekarang itu kan semuanya semakin mudah dan cepat, mulai dari proses buat cek kepesertaan, proses memperoleh pelayanan di faskes, semuanya serba cepat dan mudah. Sekarang semuanya bisa diurus secara online jadi dimana saja dan kapan saja bisa mengurus dan merubah-merubah data,” ujarnya yang status kepesertaannya sebagai peserta pada segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini.

Mariam mengungkapkan dahulu dirinya tidak pernah menaruh ekspektasi yang terlalu tinggi sebagai peserta Program JKN, namun, dengan apa yang dirasakannya sendiri saat ini dirinya mengaku semuanya itu melampaui harapannya dan tentu dirinya merasa sangat bersyukur dengan adanya peningkatan yang sedemikian pesat dari BPJS Kesehatan selaku penyelenggaran program ini.

“Apa yang ditunjukkan oleh BPJS Kesehatan sekarang merupakan sebuah perkembangan yang sangat luar biasa. Jujur, pada awal dulu menjadi peserta BPJS Kesehatan saya hanya berharap untuk punya jaminan kesehatan saja, tentang informasi programnya yang masih banyak kekurangan dan lain-lainnya saya anggap dinamika saja sebagai peserta. Namun, sekarang semuanya menjadi lebih mudah, semuanya semakin cepat dan yang saya rasakan tidak ada diskriminasi dalam pelayanan yang saya peroleh, semuanya diperlakukan dan berikan pelayanan yang sama tanpa dibeda-bedakan,” terangnya lagi.

Satu hal lagi yang sangat dikagumi oleh Mariam adalah skema iuran yang harus dibayarkannya sebagai peserta pada segmen PPU karena sang suami merupakan seorang pegawai pada sebuah perusahaan, dimana dengan cukup membayar iuran sebesar satu persen dari gaji yang diterima sang suami lalu iuran itu sudah bisa menanggung seluruh anggota keluarga mereka. Ia dan sang suami tidak pernah merasa keberatan akan iuran tersebut.

“Terlepas dari manfaat yang pernah kami terima secara langsung, manfaat bagi peserta lain yang juga sangat luar biasa tentunya saat saya sendiri tidak menggunakan tentu akan menjadi manfaat bagi peserta lain yang membutuhkan. Yang jelas kami tidak pernah merasa menyesal telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan ini karena semuanya terasa semakin mudah dan semakin cepat saat ini dengan segala perkembangan teknologi dan inovasi pelayanannya,” sambungnya.

Kini, Mariam telah menggunakan Aplikasi Mobile JKN untuk melakukan pengecekan status kepesertaan dan melakukan perubahan data miliknya. Menurutnya aplikasi tersebut sudah sangat memadai dan memenuhi kebutuhan sebagai peserta BPJS Kesehatan untuk terus memiliki informasi terkait dengan status kepesertaan maupun terhadap informasi-informasi terbaru dari BPJS Kesehatan.

“Saya hampir lupa untuk menyampaikan kekaguman saya kepada aplikasi ini, jujur aplikasi sangat membantu saya sebagai peserta dan sangat memudahkan saya untuk mengetahui status kepesertaan saya maupun untuk melakukan perubahan data,” tutupnya.

Sumber: jamkesnews.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال