Saat Anak Demam, Begini Saran Dokter Nevi Dari RSD Idaman Banjarbaru

WAWANCARA: Dokter IGD RSD Idaman Kota Banjarbaru Dokter Nevi Novianty Rahman - Foto Dok Nett


BORNEOTREND.COM, KALSEL- Sering dijumpai anak yang mendadak mengalami sakit demam dan tentu mesti diberikan pertolongan pertama. Lantas, seperti apa langkah dilakukan untuk menolong anak tersebut? 

Dokter Nevi Novianty Rahman dari RSD Idaman Kota Banjarbaru memberikan tips atau saran.

"Pertolongan pertama yang dilakukan oleh ibu-ibu saat anak demam, di antaranya memberikan kompres dengan air dingin. Ada juga menggunakan kompres air hangat, meminumkan obat turun panas seperti paracetamol hingga membawanya ke dokter spesialis anak," ujarnya.


Dokter Nevi menyebutkan, kesalahan sering terjadi pada masyarakat adalah mengompres dengan air dingin, menggunakan alkohol sebagai pengompres, pemakaian baju tebal seperti selimput, jaket, kaos kaki dan topi.

“Hal yang biasa terjadi bisa salah penanganan,” kata Dokter Nevi, yang menangani Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Padahal lanjut dia, bilamana mengompres memakai air dingin maka anak yang demam akan menggigil, baju tebal akan menghambat panas, tentunya membuat panasnya lambat turun. 

“Jadi sobat Idaman, penanganannya adalah kompres menggunakan air hangat, letakkan di daerah leher, dahi, atau selangkangan anak,” tambahnya.

Kemdian, gunakan baju tipis sehingga panas keluar dengan cepat, perbanyak minum air putih karena kebutuhan cairan meningkat pada anak demam.

“Selain itu berikan obat penurun panas sesuai dosisnya. Bila sudah dilakukan tapi masih demam, segera bawa anak ke lokasi layanan kesehatan terdekat,” tukasnya.

Sumber: RSD Idaman Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال