Rasa Takjub Arfiansyah Saat Berobat dengan BPJS Kesehatan

SENANG: Arfiansyah saat berfoto dengan Kartu JKN KIS miliknya - Foto Dok Jamkesnews.com


BORNEOTREND.COM- Rasa kagum diungkapkan oleh Arfiansyah setelah dirinya memperoleh pelayanan kesehatan di salah satu fasilitas kesehatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) dengan berbekal jaminan BPJS Kesehatan. Ayah dua anak ini mengaku sangat kagum dan takjub bahkan tidak menyangka bahwa sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dirinya bisa merasakan pelayanan yang sangat prima dan sangat baik dari petugas medis yang menanganinya.

Arpi, sapaan akrabnya, belum lama ini menjalani perawatan di Rumah Sakit karena dirinya mengidap demam tinggi dan rasa pusing yang tak kunjung hilang selama berhari-hari. Pengalaman rawat inap tersebut menjadi yang pertama kali dialaminya selama menjadi peserta Program JKN. Meski awalnya merasa pasrah karena hanya beberkal penjaminan BPJS Kesehatan, ketika keluar RS Arpi merasa memiliki sebuah pengalaman yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

“Biasanya kalau sakit saya hanya istirahat atau minum obat seadanya yang ada di rumah saja, tapi karena yang kemarin itu sudah berhari-hari sakitnya terpaksa saya dibawa ke IGD oleh keluarga saya. Sempat merasa minder awalnya karena saya cuma peserta BPJS Kesehatan dan jenisnya juga yang ditanggung pemerintah, takutnya diperlakukan beda oleh pihak RS. Tapi ternyata saya salah, kenyataannya justru semuanya kebalikan dari anggapan-anggapan saya itu, pelayanannya sangat ramah, prosesnya sangat mudah, pokoknya semuanya diluar perkiraan saya dan membuat saya kagum,” ujar Pria asal Kecamatan Batu Benawa ini.


Lebih lanjut Arpi juga menceritakan bahwa selain keramahan dan kenyamanan pelayanan yang dirasakannya, rasa kagumnya datang salah satunya karena kemudahan proses administrasi dan prosedur penjaminan sebagai peserta BPJS Kesehatan. Arpi merasa seluruh proses yang dilaluinya berjalan dengan sangat mudah, lanjar dan jelas sehingga memudahkan dirinya maupun pihak keluarga ketika mengurus penjaminan atas biaya rawat inapnya.

“Saya ingat saat ke RS kemarin itu saya dibantu oleh pihak puskesmas tempat saya terdaftar dan sepanjang jalan kami selalu ditenangkan oleh petugas puskesmas bahwa kami tidak perlu khawatir sebab sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, pasti semuanya akan bisa terjamin. Bahkan awalnya istri saya sudah bingung mau mempersiapkan dan membawa berkas-berkas apa saja untuk ke RS, kebetulan diberi informasi oleh pihak puskesmas saya cukup membawa data diri bisa berupa kartu BPJS Kesehatan atau bahkan cukup KTP saja untuk mendaftar nantinya,” sambung dia.

Benar saja, setibanya di RS Arpi mengungkapkan bahwa pihak keluarga hanya diminta data KTP saja untuk dilakukan pengecekan status kepesertaan dan keaktifannya sebagai peserta BPJS Kesehatan. Setelahnya, semua prosesnya berjalan begitu baik dan memuaskan bagi Arpi. Kekaguman Arpi pun tidak hanya berhenti pada beberapa hal diatas saja, dirinya semakin kagum kala merasakan bahwa tidak ada perbedaan pelayanan yang diberikan kepadanya dengan peserta-peserta yang lainnya. 

“Seluruh petugas mulai dari perawat sampai dengan dokter yang datang dan menemui saya semuanya sangat ramah dan menjelaskan dengan sangat baik terhadap sakit yang saya alami. Saya sangat merasa nyaman terhadap pelayanan yang saya terima selama berada disana, benar-benar pelayanan yang sangat baik dan diluar ekspektasi saya sebagai seseorang yang baru pertama kali rawat inap dan menggunakan BPJS Kesehatan ini,” jelasnya lagi.

Semakin paripurna, pengalaman memuaskan Arpi bertambah ketika dirinya diperbolehkan keluar dari RS setelah dirawat beberapa hari. Arpi mengungkapkan bahwa dirinya sama sekali tidak diminta iuran tambahan terkait dengan pembiayaan pelayanan kesehatan yang diterimanya.

“Saat keluarga saya bertanya terkait dengan pembayaran, disampaikan oleh petugasnya bahwa seluruh biayanya ditanggung BPJS Kesehatan tanpa ada satu rupiahpun yang dibebankan kepada kami. Tentu kami sekeluarga merasa sangat tertolong dengan adanya BPJS Kesehatan ini karena berkat BPJS Kesehatan inilah saya bisa merasakan dirawat inap di RS secara gratis dengan pelayanan yang luar biasa baiknya,” tandasnya.

Sumber: Jamkesnews.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال