Pj Bupati Raih Penghargaan SAKIP dan RB Award 2023

TERIMA PENGHARGAAN: Pj Bupati Barsel H Deddy Winarwan menerima penghargaan SAKIP dan RB Award 2023 – Foto Dok Humas Pemkab Barsel


BORNEOTREND. COM – Totalitas kinerja Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Dr H Deddy Winarwan MSi untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus sangat luar biasa.

Betapa tidak, Deddy Winarwan kembali menorehkan tinta emas dalam sejarah perjalanan Kabupaten Barsel dengan meraih dua penghargaan nasional sekaligus.

Adapun penghargaan yang diterima Pj Bupati Barsel tersebut yaitu Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Award 2023.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Pj Bupati Barsel H Deddy Winarwan MSi di Nusa Dua Convention Center, Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (06/12/2023).

Pada kegiatan yang dihadiri langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri M Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, dan Ketua KPK Nawawi Pomolango, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan di bawah kepemimpinan Pj Bupati Barsel Deddy Winarwan, satu-satunya wakil dari Provinsi Kalimantan Tengah yang mendapatkan penghargaan prestisius dari Kementerian PAN RB, dengan predikat nilai B atau Baik, dalam Hasil Evaluasi SAKIP, Reformasi Birokrasi, dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023.

Tentu saja nilai Hasil Evaluasi SAKIP, Reformasi Birokrasi, dan Zona Integritas (ZI) tersebut, mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya yang hanya meraih nilai CC dengan predikat Cukup.

Hanya 46 Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) yang mendapatkan penghargaan, termasuk Pemkab Barsel, dari total jumlah Pemerintah Daerah yang berjumlah 546 Daerah (38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 93 Kota).

Dalam sambutannya pada acara penyerahan award dan penghargaan tersebut, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan, bahwa pelaksanaan reformasi birokrasi (RB) di Indonesia hampir memasuki masa dua dekade. Hal tersebut dimulai sejak dijalankannya Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.

Berbagai capaian positif pun telah diraih untuk menunjukkan keberhasilan pelaksanaan RB.

Sejumlah capaian tersebut hendaknya menjadi pendorong dan penyemangat bagi kita untuk terus bebenah.

Berbagai kebijakan strategis reformasi birokrasi dan manajemen aparatur sipil negara harus dijalankan berkelanjutan, masif, serentak, tidak hanya di pusat, tetapi juga di daerah,” tegas Wapres

Lebih lanjut, Wapres memaparkan beberapa penilaian positif tentang RB Indonesia dari lembaga internasional.

“Bank Dunia dalam rilis Worldwide Governance Indicators (WGI) menempatkan Indonesia di posisi ke-73 dari 214 negara. Indeks efektivitas Pemerintah Indonesia yang semula 64.76 tahun 2022, berhasil naik menjadi 66.04 di tahun 2023,” ujar Wapres.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas menyampaikan harapannya agar rangkaian acara RB Xperience yang diadakan pada hari ini, tidak menjadi acara seremonial semata. Namun, dapat menghasilkan manfaat yang nyata bagi bangsa dan masyarakat.

“Reformasi birokrasi bukanlah tujuan akhir, melainkan sarana untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, efisien, dan mampu menjawab tuntutan masyarakat,” ujar Azwar Anas.

Dihubungi melalui pesan Whatsapp (WA) Pj Bupati Barsel Dr H Deddy Winarwan MSi mengaku bersyukur atas beberapa prestasi yang berhasil diraih oleh Pemkab Barsel.

Pj Bupati Barsel menyatakan rasa terima kasihnya kepada seluruh jajaran pemerintah daerah dan masyarakat, yang turut berkontribusi dalam meraih predikat “Baik” ini.

“Komitmen dan kerja keras kita bersama membawa hasil yang memuaskan, mencerminkan dedikasi kita untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Deddy.

Pj Bupati Barsel didampingi Sekretaris Daerah Eddy Purwanto, Kepala Bappeda Jaya Wardhana, Kabag Ortala Yuhni Anwar dan Camat Dusun Hilir Eko Hermansyah mengatakan, bahwa prestasi ini semakin menambah motivasi bagi seluruh instansi dan OPD yang ada di Barsel.

“Untuk terus melakukan terobosan dalam menggerakkan reformasi birokrasi, yang berdampak langsung bagi masyarakat, pungkas Deddy.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال