Hanya 3 Pemda di Kalsel, Pemko Banjarbaru Raih Penghargaan Prestasi SPIP Level 3 dari BPKP

 

PENGHARGAAN: Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin -Foto dok mediacenter.banjarbarukota.go.id


BORNEOTREND.COM- Pemerintah Kota Banjarbaru mendapat penghargaan dari BPKP atas prestasi pencapaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 3. Penghargaan itu ditandatangani secara langsung oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Raden Suhartono.

SPIP atau Sistem Pengendalian Intern sendiri adalah  proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai. Tujuannya tak lain memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. 

Pemko Banjarbaru yang meraih skor maturitas di level 3, dinyatakan BPKP dengan kualitas penyelenggaraan SPIP yang baik. Bahkan untuk di Provinsi Kalimantan Selatan, hanya 3 daerah yang menerima penghargaan ini yakni Pemko Banjarbaru, Pemkot Banjarmasin dan Pemkab Hulu Sungai Selatan. 

Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin mengatakan penghargaan ini juga berkat dukungan dan kerjasama seluruh pegawai di lingkungan Pemko Banjarbaru. Dijelaskannya dengan mendapatkan penghargaan SPIP Level 3 maka penyelengaraan yang dilakukan Pemko Banjarbaru telah dinyatakan baik. 

"Kalau di level 3 itu, artinya kita sudah melaksanakan praktik pengendalian intern dan terdokumentasi dengan baik. Namun tentu ada beberapa hal yang harus evaluasi," ucap Wali Kota Aditya, Senin (4/12/2023). 


Adapun penilaian tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP meliputi unsur diantaranya lingkungan pengendalian, penilaian resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan.

Skor Maturitas SPIP diukur menggunakan level 0-5. Semakin tinggi nilai maturitas SPIP menunjukkan kualitas penyelenggaraan SPIP yang semakin baik. Kualitas penyelenggaraan SPIP dianggap baik ketika penilaian maturitas minimal level 3.

Kendari demikian, Wali Kota Aditya belum mengaku puas dengan skor di level 3 yang diraih pihaknya. Ia menargetkan Pemko Banjarbaru dapat meraih skor tertinggi untuk selanjutnya. 

"Ya kita tidak mau berpuas diri. Harapan kita ini bisa ditingkat lagi ke depan dan Insya Allah bisa meraih skor tertinggi. Tentu misi ini juga harus ditanamkan di kalangan pegawai di setiap SKPD lingkungan Pemko Banjarbaru," tuntasnya.

Sumber: mediacenter.banjarbarukota.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال