Deteksi Dini Bencana Banjir, Bidang Sungai Dinas PUPR Banjarmasin Luncurkan Sistem Grasi Istri

WAWANCARA: Peluncuran sistem Grasi Istri untuk deteksi dini bencana banjir oleh Dinas PUPR Banjarmasin - Foto Dok Arum


BORNEOTREND.COM- Bidang Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Banjarmasin resmi meluncurkan sistem Grasi Istri sebagai aksi perubahan sistem pelayanan publik diteksi dini bencana banjir.

Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR Banjarmasin Hizbul Wathony mengatakan, sistem tersebut mengacu pada banjir 2023 sebelumnya.

"Grasi Istri adalah sebuah sistem layanan publik yang sedang dikembangkan sebagai sarana informasi yang mampu memberikan peringatan dini bencana banjir di Kota Banjarmasin. Melalui sistem ini diharapkan kedepannya mampu memberikan akses informasi kepada masyarakat lewat suara, situs web dan pesan singkat," ujarnya, Selasa (12/12/2023).


"Intinya aksi perubahan ini langkah awal dalam membangun sistem informasi peringatan dini banjir," tambahnya.

Dirinya menyampaikan Grasi Istri bekerja dengan menggunakan data yang diintegrasikan antara data stasiun telemetri model banjir dan aktualisasi banjir di lapangan. 

Selain itu sistem tersebut bekerja dengan memadukan sensor tinggi muka pada stasiun telemetri dengan dampak tinggi muka air di kawasan kota seribu sungai.

Sensor selanjutnya akan membaca dan hasilnya akan ditampilkan di web yang dapat diakses di berbagai device (laptop, smartphone, maupun kedepan ada papan running teks yg dipasang di sudut-sudut kota.

Dimana kota memiliki 3 stasiun telemetri, yakni stasiun pengukuran tinggi muka air pasang dan surut sungai dan pengukuran curah hujan.

"Adapun tiga stasiun itu masing - masing ada di bagian hulu atau di daerah sungai gampa, di bagian tengah kota ada di samping menara pandang dan di bagian hilir kota bjm atau di Sungai Barito Kelurahan Mantuil," tukasnya.

Penulis: Arum

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال