Antisipasi Banjir dan Wabah Penyakit, Kodim 1012 Buntok Bersihkan Saluran Air

BERSIHKAN SALURAN AIR: Personel Kodim 1012 BTK menggekar karya bakti dengan membersihkan saluran air – Foto Dok Humas Kodim 1012


BORNEOTREND.COM -  Untuk mengantisipasi banjir dan wabah penyakit pada musim penghujan ini, Kodim 1012 Buntok melaksanakan karya bakti pembersihan saluran air dan penanaman pohon, Kamis (7/12/2023).

Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono mengatakan aksi pembersihan sungai serta penanaman pohon dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. 

Sementara untuk wilayah teritorial Kodim 1012 Buntok dilaksanakan di 2 Kabupaten yakni Barito Selatan dan Kabupaten Barito Timur.

“Karya bakti pembersihan saluran air ini merupakan salah satu upaya mengantisipasi banjir dan wabah penyakit pada musim penghujan,” kata Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono.

Perwira TNI AD dengan pangkat dua melati  emas di pundaknya ini menyampaikan pihaknya tidak berhenti sampai di sini. Namun pihaknya bersama Forkopimda dan Pemkab Barsel juga terus menerus melaksanakan pembersihan sungai ini.

“Lokusnya berpindah-pindah, hari ini di Kecamatan Dusun Selatan kemudian di Kecamatan lainnya. Ini akan berlanjut secara terus menerus,” beber dia.

Menurutnya kegiatan karya bakti ini merupakan bagian dari pembinaan lingkungan oleh satuan teritorial, dimana TNI beserta Forkopimda berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan di sekitar.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan.

Hendro menambahkan pembersihan dan penanaman pohon ini juga merupakan upaya meminimalisir terjadinya banjir dan terbebas dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh lingkungan yang kotor.

“Oleh sebab itu kita menghimbau agar masyarakat sadar dan bersama sama menjaga lingkungan agar tetap bersih dan terhindar dari berbagai macam penyakit,” kata dia.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kapolres Barsel AKBP Yusfandi Usman, Kepala Pengadilan Negeri Buntok, Kepala BPKAD Barsel Akmal Husein dan Lurah Buntok Kota, Ardi.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال