Kasus DBD Meningkat, Warga Palangka Raya Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

WAWANCARA: Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo - Foto Dok mediacenter.palangkaraya.go.id

BORNEOTREND.COM- Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo menyebutkan, kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) di Palangka Raya mengalami peningkatan.

Berdasarkan data sejak Januari hingga Oktober 2023 setidaknya ada 241 kasus Deman Berdarah Dengue (DBD) yang terjadi di Palangka Raya. Sementara untuk jumlah kematian disebabkan DBD ada satuu kasus.

“Mengingat terjadinya peningkatan kasus tersebut, untuk itu saya imbau agar masyarakat mewaspadai deman berdarah dengue (DBD) yang tidak hanya di musim penghujan, melainkan juga di musim kemarau,” katanya.


Selain itu, dirinya juga mengajak agar masyarakat melakukan tindakan pencegahan dengan melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M Plus.

“3M yang dmaksud adalah menutup semua tempat penampungan air/sumber air, menguras bak mandi, dan mendaur ulang barang bekas,” terangnya.

Sedangkan bagian Plusnya lanjut dia antara lain menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk, dan menanam tanaman pengusir nyamuk.

“Kemudian mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk,” pungkasnya.

Penulis/Sumber: Tri/mediacenter.palangkaraya.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال