Polres Balangan Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Brata Intan 2023-2024

CEK KELENGKAPAN: Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin mencek langsung kelengkapan pakaian yang dikenakan personel – Foto Dok Humas Polres Balangan


BORNEOTREND.COM - Memasuki tahapan Pemilu Tahun 2024, Polri mengelar Operasi Mantap Brata Intan 2023-2024 yang dilaksanakan Polda Kalsel dan Polres Jajaran Polda Kalsel dengan didukung oleh TNI, Instansi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya dan ditandai dengan Apel gelar pasukan, Selasa (17/10/2023) pagi.

Operasi ini dilaksanakan selama 222 hari sejak 19 Oktober 2023 sampai tanggal 20 Oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu.

Tujuan tergelarnya operasi ini guna memelihara stabilitas keamanan jelang dan pasca Pemilu tahun 2024 dengan mengedepankan kegiatan Preemtif dan Preventif serta Penegakan hukum.

Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin menekankan kepada seluruh peserta apel maupun personel yang terlibat dalam operasi Mantap Brata untuk mengedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi.

“Tingkatkan komunikasi publik, sinergisitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi,” tegas AKBP Riza Muttaqin.

Selain itu juga banyak potensi gangguan saat penyelenggaraan Pemilu yang perlu diperhatikan seperti adanya manipulasi data pada pemdaftaran peserta Pemilu, petugas KPPS yang sakit atau meninggal saat pelaksanaan, surat suara yang rusak atau hilang, terjadi kecurangan rekapitulasi yang salah dan hal-hal lainnya. 

Langkah-langkah yang dilakukan menangani potensi tersebut adalah dengan melakukan deteksi dini dengan mengumpulkan bahan keterangan atau informasi, bimbingan penyuluhan kepada masyarakat, pengamanan dan penjagaan kepada para calon, penindakan pada perbuatan yang mengganggu, penegakan hukum apabila terdapat pidana umum atau siber dalam tahapan Pemilu, monitoring, sosialisasi, edukasi dan counter opini berita negatif dan bantuan dukungan personel, logistik, sarana maupun prasarana.

Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam, serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Operasi Mantap Brata 2023-2024 tentunya diiringi dengan penguatan strategi komunikasi publik untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Hal tersebut dilakukan agar masyarakat senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, ikut berpartisipasi dalam menjaga stabilitas kamtibmas pada Pemilu 2024, serta agar masyarakat mengetahui berbagai upaya pengamanan yang telah kita lakukan,” pungkasnya.

Penulis: Sri Mulyani
Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال