Bupati Zairullah Buka MTQN XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu

MTQ: Bupati Tanbu Zairullah Azhar membuka kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu – Foto Dok Humas Pemkab Tanbu


BORNEOTREND.COM – Bupati Tanbu Zairullah Azhar resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu di Lapangan Mandala Krida, Desa Manunggal, Kecamatan Karang Bintang, Minggu (8/10/2023) malam.

Ketua Umum MTQN XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu, Safruddin mengatakan kegiatan yang digelar dari tanggal 8 hingga 14 Oktober 2023 ini diikuti sebanyak 12 Kecamatan se-Tanah Bumbu.

Sebanyak 26 cabang yang dilombakan dengan melibatkan sebanyak 481 peserta, 130 dewan hakim, dan 187 panitia pelaksana.

Selain itu, pihak panitia juga menyediakan 48 rumah untuk kafilah, 10 rumah untuk dewan hakim, dan 8 venue sebagai tempat lomba.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Safruddin kepada semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan di Kecamatan Karang Bintang ini terlaksana.

Kepala Kantor Kemenag Tanbu, M Rusdi Hilmi berharap ajang ini mampu menjadikan generasi sekarang dan akan datang menjadi generasi Qur’ani.

Generasi yang akhlaknya berpedoman pada Al-Qur’an yang mana hal itu selaras dengan program Bupati yaitu Satu Desa Satu Masjid (SDSM).

Program SDSM bertujuan menyiapkan generasi Qur’ani yang tumbuh cerdas, berilmu, beriman, dan bertakwa, serta kompetitif sehingga nanti mampu menjadi pemimpin masa depan yang unggul.

Terkait program SDSM, sebut Rusdi, ada dua hal yang dapat dikaitkan dengan pelaksanaan MTQ kali ini.

Pertama yaitu dari program SDSM bisa melahirkan peserta-peserta untuk kegiatan MTQ khususnya di Tanbu.

“Kita berharap dari program SDSM akan melahirkan Qori/Qoriah dan Hafiz/Hafizah yang mampu memenuhi kebutuhan pada MTQ nantinya,” ujarnya.

Kemudian yang Kedua, hasil MTQ ini diharapkan mampu menjadi pembimbing bagi anak-anak dalam program SDSM.

Dengan sinergitas MTQ dan SDSM ini maka ke depan Tanah Bumbu akan bisa menjadi juara di MTQ sampai tingkat nasional.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar mengatakan ada 3.000 lebih anak-anak santri SDSM yang bermalam di masjid.

Anak-anak ini tidak hanya dibentuk untuk menjadi cerdas dan berilmu saja, tetapi juga menjadi penghafal Qur’an.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas jerih payahnya turut mensukseskan pelaksanaan MTQN Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.

Hadir pada pembukaan MTQN XIX Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2023 Anggota DPRD Tanbu, Forkopimda, Ketua LPTQ Tanbu yang juga Sekda Tanbu H Ambo Sakka, Kepala Kantor Kemenag Tanbu, Ketua MUI Tanbu, Ketua TP PKK, GOW, DWP Tanbu, Kepala SKPD Pemkab Tanbu dan undangan lainnya.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال