DKPPP Barsel Lakukan Percepatan Vaksin Rabies pada Hewan

Kepala DKPPP Barsel Ida Safitri – Foto Dok Humas Pemkab Barsel


BORNEOTREND.COM - Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mempercepat pemberian vaksin kepada hewan untuk menghindari penyebaran virus rabies.

“Jadi menindaklanjuti 10 langkah cepat penanganan KLB kemarin, kita langsung atur strategi dan ambil langkah cepat untuk pemberian vaksin kepada hewan seperti anjing, kucing dan kera,” kata Kepala DKPPP Barsel, Ida Safitri, Selasa (25/7/2023).

Ida mengungkapkan sejauh ini pihaknya sudah mengeluarkan 3.760 dosis atau 376 vial vaksin untuk 5 Kecamatan di Barsel kecuali Kecamatan Jenamas.

Menurutnya, vaksin yang terpakai dari 7 Juli hingga 24 Juli 2023 sebanyak 376 vial dan terpakaikan 300 vial.

“Sehingga stok yang ada sisa 700 vial. Namun kita akan mendapatkan vaksin lagi yang sudah dipesan lewat dana DAK non fisik sebanyak 300 vial,” beber Ida.

Hingga saat ini tim sudah bergerak hingga ke daerah locus KLB rabies untuk melakukan vaksin hewan peliharaan warga baik itu anjing, kucing dan kera.

“Artinya lewat gerakan ini kita sudah ambil langkah cukup serius dalam memberikan penangan,” ujar Ida.

Ida mengatakan, sebelum adanya penetapan KLB rabies, pihaknya sudah melakukan vaksin rabies kepada hewan ternak setiap tahunnya. Untuk kekuatan vaksin sendiri sekitar satu tahun.

“Namun dengan adanya status KLB ini, 10 bulan kita kembali melakukan vaksin,” pungkasnya.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال